Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surat Al Hujurat ayat 13 Lengkap Dengan Arti dan Kandungannya

Surat al hujurat ayat 13 ini menjelaskan tentang Allah SWT menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan perempuan
Tadarus Alquran/Antara-Yulius Satria Wijaya
Tadarus Alquran/Antara-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam surat Al Hujurat ayat 13, salah satu kandungannya adalah dapat menjadi landasan untuk menghapuskan diskriminasi yang terjadi saat ini. Dilansir dari NU Online, surat Al Hujurat ayat 13 ini menghapus sistem kasta dalam masyarakat arab pada saat itu. 

Juga menegaskan bahwa sebagai hamba Allah SWT, bukan harta bentuk rupa atau status pekerjaan yang menentukan keutamaan sebagai hamba Allah, tetapi ketaqwaan yang dilihat oleh-Nya. Surat Al Hujurat termasuk golongan surat Madaniyah. Yakni turun setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Al Hujurat bermakna kamar-kamar yaitu kamar keempat kediaman Rasulullah SAW Bersama istri-istri beliau. 

Salah satu yang sering menjadi sorotan adalah Al Hujurat ayat 13. Pada ayat itu tidak menggunakan panggilan kepada orang-orang beriman. Melainkan ditunjukkan kepada seluruh umat manusia. Surat Al-Hujurat ayat 13 adalah salah satu ayat yang prinsip dasar hubungan manusia. Ayat ini juga menegaskan kesatuan asal-usul manusia dengan menunjukkan derajat kemanusiaan yang selalu sama di sisi Allah SWT. 

Berikut ini isi surat Al Hujurat beserta kandungannya yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

“Yaa ayyuhan-naasu innaa khalaqnaakum min dzakariw wa unsaa wa ja’alnaakum syu’uubaw wa qabaa’ila lita’aarafuu, inna akramakum ‘indallaahi atqaakum, innallaaha ‘aliimun khabiir”

Artinya: Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya, orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Kandungan surat Al Hujurat ayat 13

Dalam studi IAIN Palangkaraya, terdapat konsep Pendidikan multikultural dalam surat Al Hujurat ayat 13. Di dalamnya terdapat pemahaman tentang keragaman dan perbedaan melalui sunnatullah. Hidup dengan mengakui egaliter (persamaan manusia), persaudaraan (ukhuwah), saling tolong menolong, dan saling mengenal. 

Multicultural yang terkandung di dalamnya menurut Hamka, antara lain: al-musawah (persamaan atau kesetaraan), ukhuwah (persaudaraan), ta’aruf (saling mengenal), dan tasamuh (toleransi). 

Selain itu, kandungan lain yang terdapat pada surat Al Hujurat ayat 13 adalah: 

1. Memberitahukan bahwa manusia berasal dari satu keturunan yakni Nabi Adam dan Hawa. Sehingga pada hakikatnya mereka setara.

2. Keragamanan adalah sunatullah, karena Allah SWT menjadikan manusia berkembang sehingga menjadi berbangsa-bangsa dan bersuku-suku.

3. Keragaman bukanlah dengan berpecah belah tetapi untuk saling mengenal. Dengan pengenalan yang baik, akan terjalin kedekatan, kerja sama dan saling memberikan manfaat.

4. Seluruh manusia setara di hadapan Allah SWT. Yang membedakan adalah ketakwaannya. Dan manusia yang paling mulia di sisi Allah SWT adalah yang paling bertakwa. Allah maha mengetahui segala hal yang dilakukan oleh manusia, termasuk tingkat ketaqwaannya dan bagaimana sikapnya terhadap manusia lainnya khususnya terkait keragaman.

5. Ayat ini mengajarkan kesetaraan, toleransi, dan kerja sama serta menghapus diskriminasi. 

Itulah isi kandungan surat al hujurat ayat 13, bahwa  Allah SWT menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan perempuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper