Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Dorong Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Lahan Tidak Produktif

Antisipasi krisis pangan, Jokowi mendorong pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan tidak produktif untuk ditanami komoditas pangan seperti kelapa genjah.
Antisipasi krisis pangan, Jokowi mendorong pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan tidak produktif untuk ditanami komoditas pangan seperti kelapa genjah. Ibu Iriana berdialog dengan petani kelapa genjah / Setpres
Antisipasi krisis pangan, Jokowi mendorong pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan tidak produktif untuk ditanami komoditas pangan seperti kelapa genjah. Ibu Iriana berdialog dengan petani kelapa genjah / Setpres

Jokowi Ingatkan Petani Rawat Kelapa Genjah

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo berdialog dengan sejumlah petani selepas menanam kelapa genjah bersama di Desa Giriroto, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Kamis, 11 Agustus 2022.

Dalam dialog tersebut, Presiden antara lain berpesan agar para petani merawat kelapa genjah yang telah ditanam.

"Ini kapan menanamnya?" tanya Presiden kepada Nurhayanti, seorang petani.

"Kemarin, Pak," jawab Nurhayanti.

"Iya ini dirawat saja, nanti saya cek lagi," ujar Presiden.

Presiden juga menjelaskan bahwa jika dirawat dengan baik, maka dalam waktu 1 tahun tiap pohon kelapa genjah bisa menghasilkan sekitar 180 buah. Nantinya, para petani bisa memanfaatkan hasil panen tersebut untuk digunakan sendiri dan dijual.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan bahwa penanaman kelapa genjah merupakan salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan petani karena kelapa genjah memiliki nilai tambah.

"Bisa dibuat gula semut, bisa dibuat minyak kelapa, yang juga bisa dijual buahnya untuk minuman segar," kata Presiden.

Dilansir dari laman pustaka.setjen.pertanian.go.id, varietas kelapa genjah yang sudah dilepas oleh Menteri Pertanian sebagai berikut:

Kelapa Genjah Salak

Kelapa genjah ini berasal dari Kalimantan Selatan dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon per tahun dapat mencapai 80-120 buah dengan berat daging buah dapat mencapai 165 gram. Kadar minyak mencapai 65 persen. Tanaman kelapa genjah Salak ini mulai panen pada umur 3 tahun.

Kelapa Genjah Kuning Bali

Kelapa genjah ini memiliki keunggulan jumlah buah dalam satu pohon/tahun mencapai 60-110 buah, berat daging buah dapat mencapai 177 gram dengan kadar minyak mencapai 61 persen. Tanaman kelapa genjah Kuning Bali ini mulai panen pada umur 4 tahun

Kelapa Genjah Kuning Nias

Kelapa genjah ini memiliki keunggulan antara lain potensi dalam satu pohon pertahun dapat mencapai 60-120 buah, berat daging buah dapat mencapai 159 gram dengan kadar minyak mencapai 62 persen. Tanaman kelapa genjah Kuning Nias ini mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Raja

Kelapa genjah ini berasal dari Maluku Utara dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon per tahun dapat mencapai 70-120 buah dan berat daging buah dapat mencapai 167 gram dengan kadar minyak mencapai 66 persen. Tanaman kelapa genjah Raja ini mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Coklat Kopyor

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah, merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa kopyor dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon/tahun dapat mencapai 80-150 buah dengan jumlah buah kopyor per tandan sebanyak 4 buah. Tanaman kelapa genjah Coklat Kopyor ini toleran terhadap kekeringan dibawah 6 bulan kering dan mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Hijau Kopyor

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah, merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa kopyor dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah per pohon per tahun dapat mencapai 120-140 buah dengan jumlah buah kopyor per tandan sebanyak 3,89 buah. Tanaman kelapa genjah Hijau Kopyor ini toleran terhadap kekeringan dibawah 6 bulan kering dan mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Kuning Kopyor

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa kopyor dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah per pohon per tahun dapat mencapai 100-120 buah dengan jumlah buah kopyor per tandan sebanyak 3,16 buah. Tanaman kelapa genjah Kuning Kopyor ini toleran terhadap kekeringan dibawah 6 bulan kering dan mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Entog Kebumen

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon/tahun dapat mencapai 95 buah dengan jumlah buah per tandan sebanyak 6-7 buah. Tanaman kelapa genjah Entog Kebumen ini memiliki kadar kemanisan air buah 6 persen brix, berat daging buah 437 gram dan mulai panen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Pandan Wangi

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa muda dan memiliki keunggulan antara lain kadar kemanisan air buah 6,25 persen brix. Selain itu aroma air dan daging buah muda wangi pandan, rasa air dan daging buah bercitarasa pandan. Jumlah buah dalam satu pohon sebanyak 151 butir per pohon pertahun. Tanaman kelapa genjah Pandan Wangi mulai panen pada umur 3 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper