Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Empat Parpol Mendaftar Calon Peserta Pemilu 2024 Hari Ini

Empat partai politik (parpol) mendaftarkan diri jadi calon peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (8/8/2022).
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  20:46 WIB
Empat Parpol Mendaftar Calon Peserta Pemilu 2024 Hari Ini
Sejumlah petugas pengamanan dari Partai Gerindra berjatuhan akibat berdesakan dengan massa saat mengawal ketua umum partainya di lokasi Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (8/8/2022). KPU telah menerima berkas dari 18 partai politik yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 di hari kedelapan pendaftaran. ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Empat partai politik (parpol) telah mendaftarkan diri jadi calon peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (8/8/2022).

Siapa saja keempat parpol tersebut?

1. Partai Republiku Indonesia

Partai Republiku Indonesia datang ke Kantor KPU pada pukul 11.00 WIB. Ketua Umum (Ketum) Partai Republiku Indonesia Ramses David Simanjuntak memimpin langsung pendaftrannya.

Ramses mengklaim partainya sudah melengkapi dokumen persyaratan. Dia pun yakin Partai Republiku Indonesia akan dinyatakan lolos pendaftaran oleh KPU.

Meski begitu, KPU berkata lain. Saat konferensi pers, Komisioner KPU Idham Holik mengatakan dokumen persyaratan Partai Republiku Indonesia belum lengkap. Mereka diberi kesempatan hingga 14 Agustus 2022 untuk melengkapi dokumen pendaftaran yang belum lengkap.

Untuk Pemilu 2024, Ramses mengatakan partainya menargetkan meraih lebih dari 30 persen suara sah nasional pada Pemilu 2024. Dia sadar target tersebut akan dicibir orang banyak karena tak realistis. Meski begitu, menurutnya, Indonesia memang memerlukan ide gila untuk maju.

"Memang itu dikatakan ide gila. Ya suatu bangsa emang harus lahir ide gila. Malau tidak ada seperti itu, apa yang mau diharapkan dibawa ke depan?" ujar Ramses kepada awak media, di Kantor KPU, Senin (8/8/2022).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari (kanan) menyaksikan Ketua Umum Partai Republiku Indonesia Ramses David Simanjuntak (kiri) menyampaikan sambutan saat hari kedelapan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). KPU direncanakan akan menerima empat partai politik pada hari ini, yakni Partai Republiku Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

2. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

Rombongan Partai Hanura tiba di kantor KPU pada pukul 13.30 WIB. Mereka melakukan pawai budaya Betawi. Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) memimpin langsung pendaftaran.

Untuk Pemilu 2024, OSO ingin meraup suara para anak muda. Menurutnya, pada Pemilu 2024 ada 60 hingga 65 persen kaum muda.

Partai Hanura tak menargetkan jumlah suara untuk Pemilu 2024. Meski begitu, dia ingin agar kadernya masuk ke parlemen, baik DPR taupun DPRD.

“Ya untuk target suaranya sendiri, kita tidak tentukan. Tapi maksimal harus masuk ke dalam sistem,” jelas OSO kepada awak media, di Kantor KPU, Senin (8/8/2022).

Komisioner KPU Idham Holik mengumumkan dokumen persyaratan pendaftaran Hanura telah lengkap. Dengan begitu, KPU akan melakukan verifikasi administrasi kepada dokumen pendaftaran Hanura.

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (tengah) berjalan meninggalkan ruangan usai melakukan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (8/8/2022). KPU telah menerima 18 partai politik yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 di hari kedelapan pendaftaran. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

3. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Partai Gerindra melakukan pawai bersama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto turut mendaftarkan partai yang dipimpinnya. Pria yang juga menjabat sebagai menteri pertahanan tersebut sampai di Kantor KPU sekitar pukul 15.00 WIB.

Prabowo memastikan partai pimpinannya akan jadi peserta Pemilu yang baik. Dia berharap Pemilu 2024 akan menjadi pesta demokrasi yang gembira.

"Jadi kita ingin Pemilu yang gembira, Pemilu yang penuh kebahagian," ujar Prabowo saat melakukan konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Untuk memastikan Pemilu yang gembira, lanjut Prabowo, Gerindra akan mematuhi semua aturan yang berlaku.

Menurutnya, Pemilu merupakan amanat rakyat yang telah memilih sistem demokrasi, sehingga harus dikawal dan diikuti dengan itikad yang baik.

KPU telah mengumumkan dokumen persyaratan pendaftaran Gerindra telah lengkap. KPU akan memulai verifikasi administrasi kepada dokumen pendaftaran Gerindra.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kedua kiri) berjalan memasuki ruang Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (8/8/2022). KPU telah menerima berkas dari 18 partai politik yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 di hari kedelapan pendaftaran. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

4. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

PKB datang ke Kantor KPU bersama Gerindra. Kedua partai melakukan pawai dengan marching band, Reok, dan barongsai. Setidaknya ada ratusan simpatisan kedua partai dalam pawai tersebut.

Pendaftaran PKB dipimpin Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Dia mengatakan partai pimpinannya telah memenuhi persyaratan pendaftaran Pemilu 2024.

PKB telah mendata seluruh struktur kepengurusan partai dari tingkat pusat hingga kecamatan di seluruh Indonesia.

Cak Imin mengatakan ada 399.999 anggota PKB yang didaftarkan. Dia pun memastikan PKB siap mengikuti tahapan Pemilu 2024.

“Dengan pendaftaran ini PKB telah siap mengikuti seluruh proses yang diatur oleh Undang-undang, peraturan KPU, dan tatalaksana dari seluruh rencana pelaksanaan Pemilu tahun 2024,” ujar Cak Imin saat konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022).

KPU juga telah menyatakan dokumen persyaratan pendaftaran PKB telah lengkap. Dengan begitu, KPU akan lakukan verifikasi administrasi kepada dokumen pendaftaran PKB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemilu 2024 pkb gerindra prabowo subianto
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top