Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nakes Diimbau untuk Segera Booster Kedua, Satgas: Masyarakat Sabar Dulu

Satgas imbau nakes segera dapatkan vaksin Covid-19 dosis booster kedua.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 Agustus 2022  |  12:57 WIB
Nakes Diimbau untuk Segera Booster Kedua, Satgas: Masyarakat Sabar Dulu
Satgas imbau nakes segera dapatkan vaksin Covid-19 dosis booster kedua. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo - rwa.

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau seluruh tenaga kesehatan dan pendukung lainnya untuk mengikuti program pemerintah yakni penyuntikkan vaksin Covid-19 dosis penguat (booster) kedua.

Suntikan dosis penguat ini berjalan per 29 Juli 2022, hal ini berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan No. HK.02.02/C/3615/2022.

"Saya menghimbau kepada seluruh SDM Kesehatan untuk segera melakukan vaksinasi booster kedua di fasilitas pelayanan kesehatan atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19. Dikarenakan sebagai kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19," ujarnya YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (3/8/2022).

Muncul pertanyaan di tengah masyarakat, yakni kapan vaksin booster kedua bisa mulai diakses secara umum.

Wiku menegaskan bahwa pada prinsipnya, pemberian vaksin booster kedua atau dosis keempat diberikan kepada kelompok prioritas terlebih dahulu yaitu tenaga kesehatan, lansia dan penderita komorbid.

Untuk kedepannya, masyarakat diminta menunggu informasi resmi dari Pemerintah terkait booster kedua untuk umum. Kementerian Kesehatan juga akan menyampaikan perkembangan terbaru dari program vaksinasi booster kedua tersebut.

Lebih lanjut, Pemerintah telah melakukan serosurvey pada periode Juni-Juli sebagai dasar pengukuran tingkat kekebalan komunal masyarakat dan diharapkan hasilnya keluar sebelum 17 Agustus 2022.

Wiku menyampaikan, untuk saat ini pemerintah Indonesia mendahulukan cakupan vaksinasi pada seluruh target populasi rentan. Jika stok dan kemampuan vaksinasi pun terus meningkat maka cakupan pada setiap populasi pun akan terus ditingkatkan.

"Mohon menunggu informasi selanjutnya dari kementerian kesehatan terkait waktu pergiliran vaksin booster kedua ini untuk masyarakat umum," kata Wiku.

Saat ini perkembangan cakupan vaksinasi booster telah mencapai 27,22 persen dari sasaran vaksinasi yang sudah ditetapkan.

Cakupan itu akan terus meningkat seiring upaya percepatan vaksinasi di seluruh daerah, khususnya terkait dengan upaya booster untuk rentang usia yang lebih muda dari 18 tahun yang menunggu keputusan pemerintah kedepannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Virus Corona tenaga kesehatan Vaksin Covid-19 Vaksin Booster
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top