Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apakah Gelombang Panas Melanda Indonesia?

Gelombang panas atau heatwave merupakan fenomena cuaca panas tak wajar di suatu daerah dan periodenya relatif panjang.
Gelombang panas terjadi karena ada perubahan iklim. / Istimewa
Gelombang panas terjadi karena ada perubahan iklim. / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Negara-negara di Eropa diterjang gelombang panas beberapa hari terakhir. Dilaporkan di beberapa daerah seperti Kota Cazaux, Prancis, suhunya melebihi 40 derajat celcius.

Namun, apa sih itu gelombang panas? Mungkinkah gelombang panas terjadi di Indonesia?

Menurut layanan meteorologi Inggris Met Office, gelombang panas atau heatwave merupakan fenomena cuaca panas di suatu daerah, yang mana suhunya meningkat secara tak wajar dari rata-rata pertahunnya, periodenya relatif panjang, dan mungkin juga disertai dengan kelembaban tinggi.

Gelombang panas paling sering terjadi di musim panas ketika tekanan tinggi berkembang di suatu area. Tekanan tinggi akan bergerak lambat dan dapat bertahan di area tersebut untuk jangka waktu yang lama, seperti berhari-hari atau berminggu-minggu.

Walaupun termasuk peristiwa cuaca ekstrem, tetapi gelombang panas lebih mungkin terjadi akibat adanya perubahan iklim. Menurut penelitian dari Met Office, gelombang panas 30 kali lebih mungkin terjadi sekarang daripada sebelum masa revolusi industri. Sebab, kini konsentrasi karbon dioksida atau gas rumah kaca jauh lebih banyak di atmosfer.

Ketika konsentrasi gas rumah kaca meningkat, gelombang panas diproyeksikan lebih sering terjadi, bahkan secara teratur. Pada 2050-an, Met Office memperdiksi akan terjadi gelombang panas setiap tahunnya.

Menurut World Meteorological Organization, gelombang panas berdampak besar pada kesehatan dan infrastruktur seperti pembangkit listrik, alat transportasi, hingga ketersediaan air. Selain itu, gelombang panas buat kebakaran hutan semakin sering terjadi dan polusi udara semakin parah.

Bagaimana di Indonesia?

Dalam laman resminya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan secara geografis wilayah Indonesia berbeda dengan Eropa dan Amerika. Indonesia terletak di sekitar wilayah garis khatulistiwa, sedangkan Eropa atau Amerika berada di lintang menengah-tinggi.

Akibatnya, ada perbedaan karakteristik dinamika atmosfer wilayah Indonesia dengan bagian dunia Barat. Selain itu, wilayah Indonesia juga memiliki variabilitas perubahan cuaca yang cepat.

Oleh karenanya, BMKG menegaskan “di wilayah Indonesia tidak terjadi fenomena yang dikenal dengan gelombang panas.”

Meski begitu, yang mungkin terjadi di Indonesia adalah kondisi suhu panas harian yang umumnya disebabkan oleh kondisi cuaca cerah pada siang hari dan relatif lebih signifikan pada saat posisi semu matahari berada di sekitar ekuatorial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper