Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Hari Ini 17 Juli: Peringatan Keadilan Internasional

Pada 17 Juli 1998, Statuta Roma tentang International Criminal Court disepakati.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Pada 17 Juli setiap tahunnya, masyarakat dunia memperingati Hari Keadilan Internasional atau World Day for International Justice. Peringatan ini bertujuan agar semua negara berkomitmen pada keadilan dunia dan memastikan dukungan untuk sistem peradilan internasional.

17 Juli dipilih sebab pada tanggal tersebut Statuta Roma 1998 disepakati. Statuta Roma memungkinkan berdirinya International Criminal Court (ICC) yang punya kuasa mengadili pelaku kejahatan internasional. Dalam Statuta Roma, kejahatan internasional dibagi menjadi empat, yaitu: genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan perang, dan agresi militer.

Oleh karena itu, Hari Keadilan Internasional juga dikenal sebagai Hari Peradilan Pidana Internasional atau Day of International Criminal Justice.

ICC merupakan lembaga peradilan internasional permanen dan independen pertama yang mampu mengadili individu yang dituduh melakukan pelanggaran internasional. Hingga saat ini, Statuta Roma tentang ICC sudah ditandatangani 137 negara. Sesuai perjanjian tersebut, ICC berhak mengadili pelanggaran yang dilakukan setelah 1 Juli 2002.

Sejauh ini ada 31 kasus yang diajukan ke ICC, beberapa kasus di antaranya punya lebih dari satu tersangka.  ICC telah mengeluarkan 37 surat perintah penangkapan. Dari jumlah tersebut, 21 terduga pelaku telah ditahan dan diadili, 12 terduga pelaku lainnya masih buron.

ICC bermarkas di Den Haag, Belanda.

Cara Merayakan Hari Keadilan Internasional

ICC menyatakan 17 Juli sebagai hari untuk menyatukan semua orang yang ingin mendukung keadilan, memastikan hak-hak korban, dan bantu mencegah kejahatan yang mengancam perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan dunia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa cara yang disarankan ICC. Pertama, ambil tindakan nyata. Kedua, selidiki—dalam situs resminya ICC menyedikan pameran foto daring, cerita-cerita, dan bacaan terkait keadilan yang bisa diakses setiap orang.

Ketiga, sebarkan—para akademisi, peneliti, diplomat, jurnalis, pengajar, siswa, bahkan masyarakat sipil sekalipun dapat mengakses informasi terkait ICC dan keadilan secara umum di situs resmi mereka.

Keempat, terlibat secara langsung—para korban, saksi, dan profesional yang ingin ambil bagian dalam proses peradilan ICC dapat mengajukan permohonan.

Terakhir, donasi. Setidaknya, ada dua dana donasi yang berkaitan langsung dengan ICC, yaitu dana perwalian untuk korban (Trust Fund for Victims) dan dana perwalian untuk untuk kunjungan keluarga terduga pelaku (Family Visits Trust Fund).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper