Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Lantik Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka Jakarta

Presiden Jokowi melantik Perwira TNI dan Polri Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).
Presiden Jokowi melantik Perwira TNI dan Polri Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022) / Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi melantik Perwira TNI dan Polri Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022) / Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Perwira TNI dan Polri Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, pada pukul 08.15 WIB, Kamis (14/7/2022).

Dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara pelantikan tersebut. Kemudian, bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Laut (P) Arya Delano yang merupakan Komandan Resimen Akademi Angkatan Laut (AAL).

Jokowi pun melakukan penyematan tanda pangkat kepada empat perwakilan perwira yang dilanjutkan oleh pengambilan sumpah perwira TNI dan Polri yang dipimpin olehnya sebagai inspektur upacara.

“Para Perwira TNI dan Polri bersediakah saudara/i untuk diambil sumpah perwira menurut agama masing-masing, ikuti kata-kata saya bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945,” ujar Jokowi yang diikuti oleh peserta upacara, dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/7/2022).

Kepala Negara pun melanjutkan dengan pemberian amanat inspektur upacara. Dia menyebut, atas nama pribadi, masyarakat, bangsa, dan Negara mengucapkan selamat atas pelantikan para perwira, para kasatria muda sebagai perwira remaja TNI dan Polri.

“Saya sangat paham untuk bisa dilantik pada hari ini, perjuangan saudara-saudara sangat berat dan panjang. Saudara-saudara adalah insan muda yang terpilih, teruji, sigap, dan terampil dalam menghadapi segala tantangan. Oleh sebab itu, saya berharap agar saudara untuk menjadi yang terdepan dalam menghadapi tantangan zaman,” katanya.

Dia menjelaskan, tantangan zaman yang dimaksudkan adalah untuk menghadapi dunia yang penuh dengan ketidakpastian, krisis yang hadir secara bertubi-tubi.

“Sudah 2 tahun kita dilanda pandemi Covid-19 yang saat ini juga masih belum selesai. Kemudian dunia juga menghadapi krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial yang mengakibatkan rakyat dunia kelaparan dan jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem,” ujarnya.

Jokowi melanjutkan bahwa sebagian belahan dunia sedang dilanda pepecahan dan peperangan serta dihantui instabilitas politik dan dibayang-bayangi radikalisme dan terorisme.

Kendati demikian, Jokowi meminta peserta upacara bersyukur, sebab Indonesia adalah bangsa yang kokoh lantaran Pancasila sebagai dasar yang mempersatukan.

“Kita mampu mengendalikan pandemi dan menjaga stabilitas ekonomi. Bahkan, kita masih mampu menjalankan program-program baru. Kita juga memimpin G20 yaitu kumpulan 20 Negara ekonomi terbesar dunia, kita akan memanfaatkan ini untuk membangun ketertiban dunia dan kesejahteraan bersama,” katanya.

Dia menyampaikan, upaya ketertiban dunia pun sudah dimulai dengan kunjungannya ke Rusia dan Ukraina yang diharapkan akan membuahkan hasil pada KTT G20 November 2022, di Bali.

Lebih lanjut, terdapat empat orang yang menjadi perwakilan untuk dilantik langsung oleh Presiden Jokowi, yakni taruna angkatan darat (AD), taruna angkatan laut (AU), taruna angkatan udara (AU) dan taruna Polri.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 TNI Tahun 2022 dan Keputusan Presiden Nomor 45 Polri Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi Militer dan Akademi Kepolisian menjadi perwira TNI dan Perwira Polri.

Adapun pelantikan dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menhan Prabowo Subianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper