Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beda Gaya Jokowi Saat Bertemu Putin dan Zelensky

Ada perbedaan gaya penampilan Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  09:20 WIB
Beda Gaya Jokowi Saat Bertemu Putin dan Zelensky
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) seusai usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev - rwa.

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pemimpin dua negara yang sedang berkonflik yakni Ukraina dan Rusia.

Meskipun sama-sama menjabat sebagai pemimpin dari sebuah negara, terdapat perbedaan gaya berpakaian saat Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin

Pada kunjungan pertamanya ke Istana Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/6/2022), Jokowi disambut secara langsung oleh Zelensky di pintu masuk istana itu. 

presiden jokowi dan presiden zelensky(Gaya Presiden Jokowi dan Presiden Ukraina Volodymr Zelensky,/Sumber: IG Jokowi)

Penampilan Jokowi saat bertemu Zelensky cukup santai dan casual meski dirinya tengah melakukan kunjungan kenegaraan. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengenakan kemeja putih yang lengannya digulung hingga ke siku,

Adapun penampilannya dilengkapi dengan celana dan sepatu sneaker berwarna hitam. 

Tidak berbeda jauh dengan Jokowi, Zelensky juga memilih untuk mengenakan pakain casual yaitu kemeja berwarna hijau army dengan tambahan sepatu sneaker yang tampak senada dengan pakaiannya tersebut. 

Setelah mengakhiri pertemuannya dengan Zelensky, Jokowi kemudian melanjutkan perjalanannya ke Istana Kremlin, Rusia pada Kamis (30/6/2022). 

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Putin terlihat kompak memilih untuk menggunakan pakaian yang terbilang formal, yaitu kemeja putih yang dibalut dengan jas berwarna gelap. 

presiden jokowi dan presiden vladimir putin

(Penampilan Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu di Istana Kremlin./Sumber:Kremlin.ru)

Tak lupa, untuk menambah kesan rapi pada penampilan keduanya, Jokowi dan Putin juga terlihat memasangkan dasi berwarna gelap serta mengenakan sepatu pantofel yang senada.

Kendati terkesan formal, namun pertemuan antara Jokowi dan Putin cukup menarik perhatian. Apalagi jika dibandingkan dengan presiden atau pemimpin negara Eropa lainnya saat bertemu dengan pemimpin Rusia tersebut.

Jokowi tampak begitu akrab dengan Putin. Meja yang dikenakan Jokowi dan Putin juga ukurannya normal, bukan meja panjang seperti saat Putin menyambut negara-negara Eropa.

Putin sendiri menyambut dengan hangat Jokowi dan berharap kerja sama antara Indonesia dan Rusia dapat semakin meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi vladimir putin Ukraina Volodymyr Zelensky
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top