Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Ukraina Akui Jokowi Bisa Kembalikan Stabilitas Dunia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa berperan untuk mengembalikan stabilitas dunia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  04:00 WIB
Presiden Ukraina Akui Jokowi Bisa Kembalikan Stabilitas Dunia
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). ANTARA FOTO/Setpres - Agus Suparto

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan kunjungan bersejarah bagi Indonesia dan Ukraina, serta bisa mengembalikan stabilitas dunia.

"Ini merupakan kunjungan pertama oleh Presiden Indonesia ke Ukraina, dan ini adalah kunjungan pertama pemimpin Asia yang sejak awal dari invasi Rusia ke Ukraina," katanya, dikutip melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/7/2022).

Zelensky menilai keberadaan dan kewenangan Jokowi dan Indonesia di mata internasional sangat tinggi.

"Bapak Presiden, Yang Mulia, kita mengapresiasi hal tersebut. Terutama Indonesia dan kewenangan Anda dan juga keberadaan Anda di dunia internasional sangat tinggi. Anda mewakili negara-negara G20 di mana Indonesia memegang presidensi tahun ini dan merupakan negara yang kuat di Asean dan tahun depan akan menjadi Keketuaan Asean tahun depan," tuturnya.

Menurut Zelensky, kehadiran Jokowi ini merupakan awal untuk memperkuat koalisi melawan perang. Selain itu, untuk mengembalikan stabilitas dunia.

"Kami mengapresiasi dukungan Indonesia dan juga dukungan pribadi personal anda yang ada di masa perang tersebut untuk perjuangan kemerdekaan kita. Dan kami juga akan memperjuangkan kemerdekaan kami dan juga kemerdekaan Ukraina dari perang kolonial yang dilancarkan oleh Rusia. Dan secepatnya perang ini berakhir, dan kami akan secepatnya untuk dapat mengembalikan situasi politik dan ekonomi di Ukraina," ujarnya.

Selain itu, Zelensky juga membahas masalah krisis pangan dan ancaman kelaparan di dunia akibat perang yang terjadi dengan Jokowi.

Presiden Ukraina itu mengatakan, dalam pertemuan tersebut keduanya membahas berbagai upaya untuk menghentikan blokade Rusia agar ekspor gandum Ukraina dapat terus berjalan.

“Kami membahas mengenai beberapa agenda global di mana kami harus melakukan setiap hal yang memungkinkan untuk mengangkat blokade Rusia di Black Sea untuk meneruskan adanya ekspor gandum. Dan Rusia juga mengancam adanya kelaparan di dunia dan mereka memblokade ekspor dari Ukraina dan mendisrupsi pasar global,” ujarnya

Zelensky mengatakan, dengan dibukanya blokade dari Rusia tersebut, maka Ukraina dapat mengekspor jutaan ton biji-bijian ke Indonesia.

Menurutnya, sebelum Rusia melakukan invasi, dunia tak dihantui oleh ancaman krisis pangan dan juga kelaparan.

Zelensky pun menyampaikan apresiasinya atas dukungan Jokowi terhadap kemerdekaan dan kedaulatan integritas territorial Ukraina. Zelenskyy juga berharap Indonesia dapat membantu rekonstruksi pembangunan di Ukraina.

“Saya mengundang Indonesia dan perusahaan Indonesia dan juga professional-profesional Indonesia untuk ikut ke dalam proyek-proyek yang ada di Ukraina saat ini,” kata Zelensky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top