Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulgaria Usir 70 Diplomat Rusia atas Tuduhan Mata-mata

70 diplomat Rusia diusir karena diidentifikasi sebagai "ancaman terhadap keamanan nasional" harus pergi sebelum 3 Juli.
Bendera Rusia berkibar/Reuters
Bendera Rusia berkibar/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Bulgaria mengusir 70 staf diplomat Rusia karena tuduhan mengganggu keamanan nasional. Pengusiran ini adalah yang terbesar terhadap diplomat Rusia dari negara Balkan tersebut.

Jumlah diplomat yang diusir itu, yang diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Bulgaria, lebih dari separuh total diplomat Rusia yang ada di negara itu.

"Bulgaria akan mengusir 70 diplomat Rusia. Kami mengidentifikasi mereka sebagai orang-orang yang bekerja melawan kepentingan kami," kata Perdana Menteri Kiril Petkov kepada wartawan seperti dikutip Aljazeera.com, Rabu (Rabu (29/6).

Menurutnya, setiap orang yang bekerja melawan kepentingan Bulgaria akan dipanggil untuk kembali ke negara mereka. Kami memesan  pesawat 70 kursi penuh untuk terbang kembali ke Moskow, kata Petkov.

Mereka yang diidentifikasi sebagai "ancaman terhadap keamanan nasional" harus pergi sebelum 3 Juli, kata kementerian luar negeri Bulgaria.

Akan tetapi tidak ada tanggapan Rusia segera atas tuduhan mata-mata itu, meskipun sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita Rusia TASS bahwa Moskow akan merespons.

Beberapa negara Eropa telah mengusir diplomat Rusia setelah invasi Moskow ke Ukraina pada 24 Februari. Rusia kemudian merespons dengan cara yang sama dengan mengusir diplomat Eropa.

Kementerian Luar Negeri Bulgaria mengatakan telah memanggil duta besar Rusia Eleonora Mitrofanova untuk menginformasikan keputusan Sofia tentang pengusiran massal itu.

Bulgaria juga mengharapkan Rusia untuk sementara menutup konsulat jenderalnya di Ruse di utara Bulgaria. Sementara Bulgaria akan menutup sementara konsulatnya di kota Yekaterinburg, Rusia, kata kementerian itu.

Petkov telah mengambil sikap yang luar biasa keras terhadap Rusia untuk negara yang menikmati hubungan dekat dengan Moskow selama era komunis dan telah lama menjadi daya tarik bagi turis Rusia. Dia memecat menteri pertahanannya pada Februari karena menolak menyebut apa yang digambarkan Rusia  “operasi militer khusus” atas invasinya ke Ukraina dan menyebut hal itu sebagai perang.

Bulgaria juga telah mengusir 10 diplomat Rusia pada bulan Maret karena perang di Ukraina.

Meskipun jadi anggota Uni Eropa dan NATO, Bulgaria pernah menjadi sekutu setia Uni Soviet di bawah komunisme dan masih memiliki hubungan budaya, sejarah dan ekonomi yang erat dengan Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper