Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal RKUHP, Mahasiswa Akan Kembali Demo DPR dengan Massa Lebih Besar

Mahasiswa dari berbagai universitas akan kembali demo di DPR dengan jumlah massa lebih besar untuk menutut keterbukaan RKUHP.
Surya Dua Artha
Surya Dua Artha - Bisnis.com 28 Juni 2022  |  20:04 WIB
Soal RKUHP, Mahasiswa Akan Kembali Demo DPR dengan Massa Lebih Besar
Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo di depan gerbang pejalan kaki gedung DPR RI, Selasa, (28/6/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Para mahasiswa dari berbagai universitas akan kembali demo di DPR dengan jumlah massa lebih besar untuk menutut keterbukaan RKUHP.

Ketua BEM UPN Veteran Jakarta Bilal Sukarno menuturkan, keputusan itu diambil, karena demonstrasi mahasiswa menuntut kejelasan RKUHP di depan Gedung DPR, Senayan Jakarta, pada Selasa (28/6/2022), tak membuahkan hasil.

Pada aksi tersebut, mahasiswa meminta Ketua DPR Puan Maharani berdikusi dengan massa aksi di depan Gedung DPR. Namun, hingga massa bubar, Puan tak kunjung datang.

Dari hasil diskusi dengan beberapa pimpinan kelompok massa aksi, mahasiswa akan kembali melakukan aksi demo lagi di depan gedung DPR.

"Kita akan turut ke jalan dalam waktu yang dekat, dan pastinya [massa aksi] akan jauh lebih besar daripada ini," ujar Bilal kepada awak media, Selasa (28/6/2022).

Dia juga mengatakan mahasiswa dari universitas lain di penjuru Indonesia juga akan turun ke jalan.

Dia memberi ultimum, jika Puan atau seluruh pimpinan fraksi di DPR tak menemui kunjung memberi respons, maka mahasiswa akan, "merobohkan gedung DPR".

Dalam aksi ini, mahasiswa menuntut keterbukaan draf RKUHP, melibatkan masyarakat dalam rancanggan RKUHP, dan membuang pasal yang mengancam HAM serta demokrasi.

Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Jabodetabek ikut dalam aksi. Setidaknya, ada perwakilan mahasiswa dari Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Paramadina, dan Universitas Pertamina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr demo mahasiswa RKUHP
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top