Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-120: Ukraina Lawan Serangan Brutal Pasukan Rusia

Kota Lysychansk terus mendapat serangan intens dari pasukan Rusia dengan menargetkan gedung kepolisian, keamanan negara dan jaksa.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 23 Juni 2022  |  14:43 WIB
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-120 sejak awal invasi. Pada hari ini, dalam upaya mendominasi seluruh wilayah di Sievierodonetsk, pasukan Rusia saat ini sudah mencapai benteng pertahanan terakhir di Luhansk timur Ukraina.

Gubernur Luhansk, Serhiy Haidai mengatakan bahwa wilayahnya dan juga kota Lysychansk terus mendapat serangan yang intens dari pasukan Rusia dengan menargetkan gedung kepolisian, keamanan negara dan jaksa.

Di sisi lain, pada wilayah timur perbatasan Ukraina dikabarkan pesawat tak berawak telah menghantam kilang minyak di Novoshakhtinsk, Rostov hingga menyebabkan ledakan hebat. Peristiwa tersebut menjadi tamparan memalukan bagi sistem pertahanan udara Rusia.

Update rangkuman konflik Rusia vs Ukraina hari ke-120 pada Kamis (23/6/2022):

Dampak Serangan Rudal Rusia di Wilayah Selatan Ukraina

Walikota Mykolaiv, Oleksandr Senkevych melaporkan serangan rudal pasukan Rusia telah menewaskan sedikitnya satu orang di kota pelabuhan Mykolaiv, Ukraina selatan. Serangan itu menyebabkan beberapa kebakaran dan merusak sejumlah bangunan termasuk sebuah sekolah.

Warga Sipil di Zaporizhzhia Diculik Pasukan Rusia

Penduduk dan pekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir di Enerhodar, yang merupakan sebuah kota di wilayah Zaporizhzhia Ukraina, telah diculik oleh pasukan Rusia, menurut Wali Kota wilayah tersebut saat ini keberadaan dari sebagian warga sipil tersebut sedang dalam status tidak diketahui dan sisanya mengalami penyiksaan.

“Keberadaan beberapa yang tidak diketahui. Sisanya dalam kondisi yang sangat sulit, mereka disiksa dengan sengatan listrik lalu diintimidasi secara fisik dan moral,” kata Wali Kota Dmytro Orlov.

Serangan Menara Televisi Oleh Golongan Separatis Ukraina 

Sebuah menara televisi di kota Donetsk yang dikuasai separatis Ukraina dikabarkan telah rusak parah akibat penembakan hingga menyebabkan siaran telah terputus. Kantor berita lokal Donetsk melaporkan saat ini pusat televisi Petrovskiy masih berdiri, tetapi sebagian dari peralatannya telah rusak, sementara beberapa peralatan lain telah dipindahkan.

Intelijen Inggris Memperkirakan Rusia Akan Kehilangan Momentum

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan pada wartawan tentang prediksi dari intelijen Inggris yang memperkirakan bahwa momentum Rusia akan menghilang dalam beberapa bulan ke depan karena telah menghabiskan sumber daya.

Langkah G7 Dalam Menekan Rusia

Para pemimpin G7  akan mengumumkan langkah-langkah baru yang ditujukan untuk menekan Rusia serta komitmen baru untuk menopang keamanan wilayah Eropa dalam pertemuan KTT yang berlangsung di Jerman.

Tanggapi Sanksi Uni Eropa di Lithuania, Rusia Siapkan Balasan Secara Praktis

Rusia mengatakan sanksi UE yang membuat Lithuania memblokir transit barang ke eksklave Rusia Kaliningrad tidak dapat diterima. Rusia  saat ini sedang mengerjakan tindakan pembalasan sebagai tanggapan atas "sanksi ilegal" oleh Uni Eropa. Kementerian luar negeri Rusia mengatakan tanggapan terhadap larangan Lituania tidak akan secara eksklusif bersifat diplomatik tetapi praktis.

Kelanjutan Ekspor Biji-bijian dari Pelabuhan Ukraina

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan Rusia dan Turki telah sepakat untuk melanjutkan diskusi tentang keberangkatan kapal yang aman dan ekspor biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam, Ukraina.

Finlandia Siap Lawan Balik Rusia Jika Mereka Diserang

Panglima angkatan bersenjata Finlandia mengatakan negaranya siap menghadapi serangan Rusia dan akan melakukan perlawanan keras jika hal itu terjadi. Finlandia sudah menyiapkan pertarungan dengan membangun persenjataan yang substansial.

Penguatan Hubungan Putin Dengan Negara Berkembang

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyerukan penguatan hubungan dengan negara-negara dari kelompok ekonomi berkembang seperti Brasil, India, Afrika Selatan dan lainnya, setelah barat terus mengeluarkan sanksi kepada Rusia.

Rusia Berupaya Jalin Kerja Sama Dengan Wilayah Eurasia dan Kaukasus

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berkunjung ke Iran untuk memperluas kerja sama dengan kawasan Eurasia dan Kaukasus.

Eropa Siapkan Alternatif Energi Jika Ekspor Gas Rusia Dihentikan

Eropa perlu segera mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi atas kebijakan Rusia yang akan mematikan semua ekspor gas ke kawasan itu pada musim dingin ini, menurut kepala Badan Energi Internasional, Fatih Birol meminta pemerintah negara Eropa untuk bekerjasama mengurangi permintaan gas ke Rusia dan menjaga pembangkit listrik tenaga nuklir tetap terbuka.

Jurnalis Foto Terbunuh Saat Mencari Drone di Hutan Ukraina

Seorang jurnalis foto Ukraina dan seorang tentara yang menemaninya dikabarkan telah terbunuh pada minggu-minggu pertama invasi Rusia. Maks Levin (fotografer) dan Oleksiy Chernyshov (tentara) dilaporkan sedang mencari di hutan yang diduduki Rusia untuk mencari drone pengambil gambar untuk kepentingan fotografer yang hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top