Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Protokol Kesehatan dan PHBS, Jurus Ampuh Kendalikan Penularan Covid-19

Lonjakan kasus Covid-19 yang belangan terjadi bisa dikendalikan lewat kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan PHBS.
Penerapan protokol kesehatan dan PHBS bisa menghindarkan seseorang terjangkit Covid-19 atau virus lainnya / Istimewa
Penerapan protokol kesehatan dan PHBS bisa menghindarkan seseorang terjangkit Covid-19 atau virus lainnya / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa penerapan protokol kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat menurunkan potensi seseorang terpapar virus atau penyakit menular lainnya.

"Salah satunya dengan menerbitkan SE No.20 Tahun 2022 tentang Prokes dalam Kegiatan Berskala Besar, sebagai upaya kegiatan yang diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif," katanya lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (22/6/2022).

Lebih lanjut, Wiku memastikan Pemerintah masih berupaya menyusun kebijakan dengan prinsip 'gas dan rem'. Pasalnya, pengendalian penyebaran virus juga harus mempertimbangkan pemulihan ekonomi yang kini terus meningkat.

Adapun, beberapa program pemulihan ekonomi yang sudah dilaksanakan pemerintah antara lain bantuan sosial tunai, bantuan sosial sembako, hingga subsidi listrik.

Wiku pun mengimbau masyarakat dalam beraktivitas ekonomi harus tetap mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), termasuk protokol kesehatan dan vaksinasi.

PHBS merupakan kependekan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Sedangkan pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat.

Dilansir dari laman Kemenkes, PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat.

Terdapat langkah-langkah berupa edukasi melalui pendekatan pemuka atau pimpinan masyarakat, pembinaan suasana dan juga pemberdayaan masyarakat dengan tujuan kemampuan mengenal dan tahu masalah kesehatan yang ada di sekitar, terutama pada tingkatan rumah tangga sebagai awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat.

Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat.

Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper