Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PBNU Tunjuk Erick Tohir dan Yenny Wahid Pimpin Peringatan Harlah Satu Abad NU

Erick Tohir akan didapuk sebagai Ketua Pengarah (Steering Committee) dan Zannuba Arifah Chafsoh atau yang akrab dikenal Yenny Wahid sebagai Ketua Pelaksana (Organizing Committee) Peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama.
Erick Tohir akan didapuk sebagai Ketua Pengarah (Steering Committee) Peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama. /Bisnis-Akbar Evandio.
Erick Tohir akan didapuk sebagai Ketua Pengarah (Steering Committee) Peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama. /Bisnis-Akbar Evandio.

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf menunjuk Erick Tohir dan Yenny Wahid untuk memimpin peringatan hari lahir (harlah) satu abad NU.

Yahya menjabarkan bahwa Erick Tohir akan didapuk sebagai Ketua Pengarah (Steering Committee) dan Zannuba Arifah Chafsoh atau yang akrab dikenal Yenny Wahid sebagai Ketua Pelaksana (Organizing Committee) Peringatan Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan PBNU Nomor 66/A.II.04/06/2022 yang ditandatangani pada Senin (6/6/2022). Berdasarkan keputusan Muktamar Ke-32 NU di Makassar Tahun 2010, harlah NU diperingati setiap tahun Hijriyah pada tanggal 16 Rajab.

Pria yang akrab di sapa Gus Yahya mengatakan, Muktamar ke-32 NU di Makassar telah menetapkan bahwa Harlah NU diperingati berdasarkan kalender Hijriyah, yakni setiap 16 Rajab setiap tahunnya, sebab NU didirikan Hasyim Asy'ari di Surabaya pada 16 Rajab 1344 Hijriyah. 

"Dan insyaallah Harlah NU 16 Rajab 1444 Hijriyah akan jatuh pada awal Februari 2023 mendatang. Dan itu akan menjadi momentum yang kita tetapkan masuknya NU pada era abad keduanya," ujarnya saat konferensi pers Kick Off Peringatan Satu Abad NU di Hotel Sultan Jakarta, Senin (20/6/2022). 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Peingatan Satu Abad NU Yenny Wahid, menuturkan ada sembilan kluster program utama yang sudah disiapkan PBNU untuk menyambut satu abad usia NU. 

Kesembilan program itu meliputi NU Tech, Pembentukan NU Women, Festival Tradisi Islam Nusantara, Anugerah Tokoh Nahdlah, Pekan Olahraga NU, Religion of Twenty/(R-20), Launching Gerakan Kemandirian NU, Muktamar Fiqih Peradaban, dan Acara Puncak Satu Abad NU.  

"Semua kegiatan ini akan ditutup dengan puncak peringatan Satu Abad NU yang kemungkinan besar akan digelar di Jakarta. Ini peristiwa besar-besaran di mana warga NU dari berbagai akan hadir melalui fisik maupun daring," kata Yenny.  

Adapun, Yenny menjelaskan meskipun puncak harlah satu abad NU ini akan diselenggarakan pada tahun depan, tetapi rangkaian kegiatannya sudah dimulai dari tahun ini.

Dia menyebut bahwa usia seabad ini menjadi satu kebangkitan atau dalam bahasa lain adalah Renaisans. Menurutnya, renaisans mengindikasikan lahirnya suatu peradaban baru. “Itu semangat yang diusung,” katanya.

Selain melakukan Kick Off Peringatan Satu Abad NU, di tempat yang sama PBNU juga menggelar rapat pleno yang diikuti oleh pengurus NU dari berbagai daerah Indonesia. Rapat pleno ini dibuka secara resmi oleh Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar.  

Dalam sambutannya, Kiai Miftach mengapresiasi Erick Thohir yang telah dipercaya sebagai Ketua Pengarah (SC) untuk menyukseskan Peringatan Harlah satu abad NU. 

Menurutnya, ini sebuah kesempatan emas bagi Menteri BUMN itu untuk menunjukkan kelincahan dan kehebatannya.

"Menteri BUMN diberikan amanat untuk menyukseskan satu abad memasuki abad kedua NU sebagai sebuah kesempatan emas untuk menorehkan kelincahan dan kehebatan beliau. Kita nantikan kiprah beliau di dalam menyukseskan menyongsong satu abad NU," jelas Kiai Miftach.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper