Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah 19 Juni, Italia Juara Piala Dunia 1938, Indonesia Tampil Perdana

Indonesia (Hindia Belanda) menjadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia. Pada putaran pertama (babak 16 besar), Indonesia takluk pada Hongaria (yang kemudian menjadi runner-up Piala Dunia), dengan skor 6 - 0.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 Juni 2022  |  07:50 WIB
Sejarah 19 Juni, Italia Juara Piala Dunia 1938, Indonesia Tampil Perdana
Al Rihla, bola yang dipakai di Piala Dunia 2022 - Twitter FIFA World Cup

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 19 Juni 1938 lalu, merupakan sejarah dimana Indonesia yang saat itu dikenal sebagai "Hindia Belanda" dan mewakili Federasi Sepak Bola Hindia Belanda, melaksanakan debutnya di Piala Dunia, akibat pengunduran diri Jepang dalam kualifikasi.

Indonesia (Hindia Belanda) menjadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia. Pada putaran pertama (babak 16 besar), Indonesia takluk pada Hongaria (yang kemudian menjadi runner-up Piala Dunia), dengan skor 6 - 0.

Mereka kalah dalam pertandingan pertama menghadapi Hongaria. Pada tingkat regional, Indonesia pernah tampil empat kali dalam Piala Asia AFC. Namun, Indonesia belum pernah lolos dari babak grup. Pada tingkat Asia Tenggara, Indonesia telah tampil dalam berbagai edisi Kejuaraan AFF, dengan capaian terbaiknya adalah menjadi juara kedua dalam enam edisi.

Indonesia tampil mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12. Grup kualifikasi Asia untuk Piala Dunia FIFA 1938 hanya terdiri dari 2 negara, Hindia Belanda dan Jepang. Indonesia akhirnya lolos ke final Piala Dunia 1938 tanpa harus menyepak bola setelah Jepang mundur dari babak kualifikasi karena sedang berperang dengan Cina.

Pada waktu itu tim ini menggunakan seragam berwarna oranye dan bercelana putih seperti warna seragam yang dipakai kesebelasan Belanda.

Di final Piala Dunia FIFA 1938 itu, Italia menjuarai Piala Dunia FIFA 1938 setelah mengalahkan Hongaria 4-2.

Pada Piala Dunia ini, untuk pertama kalinya juara bertahan, Italia lolos ke Piala Dunia secara langsung tanpa kualifikasi bersama Prancis yang merupakan tuan rumah. 37 negara berpartisipasi dalam kualifikasi.

Setelah kualifikasi 16 tim lolos ke putaran final Piala Dunia. Austria tidak mengikuti Piala Dunia ini karena Anschluss pada Maret 1938, sehingga tim yang berpartisipasi menjadi 15, dan Swedia langsung melaju ke babak perempat final secara otomatis.

Piala Dunia FIFA 1938 adalah Piala Dunia FIFA ketiga, yang diselenggarakan di Prancis, dari 4 Juni hingga 19 Juni 1938. Italia menjadi juara untuk kedua kalinya secara berturut, setelah mengalahkan Hongaria pada pertandingan final dengan skor 4–2. Pencetak gol terbanyak adalah pemain Brasil, Leônidas dengan 7 gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia Sejarah Hari Ini
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top