Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Sebut Puncak Kasus BA4 dan BA5 Bisa Tembus 20.000 Kasus per Hari

Menkes sebut puncak kasus subvarian BA.4 dan BA.5 di Indonesia bisa mencapai 20.000 kasus per hari
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 Juni 2022  |  11:53 WIB
Menkes Sebut Puncak Kasus BA4 dan BA5 Bisa Tembus 20.000 Kasus per Hari
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Kemenkes RI

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin memprediksi puncak kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 mampu menyentuh 20.000 kasus terkonfirmasi per hari.

Hal itu merujuk dari data terkini dari beberapa negara yang juga sempat mengalami lonjakan kasus akibat dua subvarian tersebut. Diperkirakan, kata Menkes, puncak kasus hariannya hanya satu pertiga dari puncak kasus akibat varian Delta dan Omicron.

"Kami percaya bahwa nanti akan ada kenaikan [kasus konfirmasi], kira-kira maksimalnya hingga 20.000 [kasus] per hari sejak satu bulan setelah diidentifikasinya varian tersebut," kata Budi di lingkungan Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (16/6/2022).

Menkes melanjutkan bahwa saat ini perkembangan kasus Covid-19 di tengah maraknya varian baru Omicron BA.4 dan BA.5 sudah menginjak angka disekitar 1.000 kasus per hari. Dengan demikian, jika terus mengalami kenaikan, maka pada pekan pertengahan Juli diprediksi telah mencapai masa puncak kasus.

"Karena waktu Delta dan Omicron kasus di Indonesia mencapai 60.000, maka untuk BA.4 dan BA.5 hanya sekitar satu pertiganya. Jadi, sekitar minggu ketiga atau minggu keempat Juli [kenaikan terjadi] dan kemudian nanti akan turun kembali," ujarnya.

Budi juga menyampaikan bahwa fatality rate subvarian ini tidak setinggi varian-varian sebelumnya yakni sekitar satu persepuluhnya.

Meskipun demikian, Menkes mengimbau masyarakat tetap waspada dengan tetap memakai masker di ruangan tertutup atau ruang terbuka tergantung kondisinya.

"Kalau di ruang terbuka ada orang di sebelah kita batuk-batuk ya ada baiknya kita mengenakan masker," ujarnya. 

Selain itu, vaksinasi dosis lengkap dan booster terbukti masih ampuh meminimalisir keparahan jika terpapar BA.4 dan BA.5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkes masker Covid-19 omicron Covid-19 varian BA4 dan BA5
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top