Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Hancurkan Gudang Rudal Bantuan AS, 150 Tentara Ukraina Tewas!

Senjata berupa rudal anti-tank dan anti-pesawat buatan Amerika Serikat dihancurkan dalam serangan yang terjadi pada akhir pekan lalu.
Foto yang diabadikan pada 21 April 2022 ini menunjukkan pemandangan pabrik Azovstal di kota pelabuhan Mariupol./Antara
Foto yang diabadikan pada 21 April 2022 ini menunjukkan pemandangan pabrik Azovstal di kota pelabuhan Mariupol./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pasukan Rusia terus melakukan serangan ke fasilitas militer strategis milik militer Ukraina.

Akhir pekan lalu, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa rudal laut jarak jauh "Kaliber" presisi tinggi di wilayah pemukiman Chortkiv, wilayah Ternopil, menghancurkan gudang besar sistem persenjataan yang dikirim negara barat.

Persenjataan yang hancur antara lain rudal anti-tank sistem rudal anti-pesawat portabel dan peluru artileri untuk sistem senjata yang dipasok ke rezim Kiev dari Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Adapun selama sehari terakhir, rudal berbasis udara presisi tinggi menghantam dua pos komando dan 15 area konsentrasi tenaga kerja dan peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina.

Serangan itu menghancurkan peluncur sistem rudal anti-pesawat Buk-M1 di dekat desa Barvenkovo ​​di wilayah Kharkiv, stasiun radar kontrol wilayah udara di wilayah Slavyansk di Donetsk, radar untuk mendeteksi dan melacak target sistem rudal anti-pesawat S-300 di wilayah Krivoy Rog, serta 2 baterai sistem peluncuran roket ganda di distrik Zvanovka di Luhansk dan Donetsk.

Sementara itu, penerbangan taktis militer Rusia menghantam 3 pos komando dan 25 area konsentrasi tenaga kerja dan peralatan militer. Akibat serangan udara, lebih dari 150 nasionalis, 6 tank, 5 artileri lapangan, dan 10 kendaraan khusus hancur.

Pesawat tempur Rusia juga menembak jatuh dua pesawat Su-25 Ukraina di wilayah Raygorodok dan Cherkasskoye di Republik Rakyat Donetsk.

Sedangkan sistem pertahanan udara Rusia menembak jatuh satu pesawat Su-25 Angkatan Udara Ukraina di daerah Dolgenkoye di wilayah Kharkiv, termasuk delapan kendaraan udara tak berawak Ukraina.

“2 rudal balistik Tochka-U Ukraina dan tiga peluncur roket dari sistem roket peluncuran ganda Uragan dicegat di atas pemukiman Kakhovka dan Chernobaevka, wilayah Kherson, di distrik Dolgenkie, Sinichino, wilayah Kharkiv, dan Popasnaya, Luhansk Republik Rakyat,” tulis laporan pihak Rusia.

Pasukan roket dan artileri menghantam 248 area konsentrasi tenaga kerja dan peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina, 21 pos komando, serta 37 posisi tembak unit artileri Angkatan Bersenjata Ukraina.

“Akibat serangan itu, lebih dari 320 nasionalis, lima kendaraan lapis baja, enam artileri lapangan dan mortir, 15 kendaraan khusus dan 5 gudang amunisi dan bahan bakar dihancurkan.”

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 201 pesawat, 130 helikopter, 1.188 kendaraan udara tak berawak, 338 sistem rudal anti-pesawat, 3.514 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 508 instalasi sistem roket peluncuran ganda, 1.870 artileri lapangan senjata dan mortir, serta 3.570 unit kendaraan militer khusus Ukraina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper