Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Konflik Pemilu 2024, Bawaslu Siapkan Pelatihan untuk Pengawas

Bawaslu memastikan pihaknya mempersiapkan kurikulum pendidikan dan pelatihan untuk pengawas guna mengurangi kemungkinan konflik pada Pemilu 2024.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 09 Juni 2022  |  13:38 WIB
Cegah Konflik Pemilu 2024, Bawaslu Siapkan Pelatihan untuk Pengawas
Pemilu 2024. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda memastikan pihaknya akan mempersiapkan kurikulum pendidikan dan pelatihan untuk pengawas guna mengurangi kemungkinan konflik pada Pemilu 2024.

Adapun, proses dan tahapannya saat ini tengah dirembukkan agar hasil kurikulum tersebut lebih matang. Pasalnya, pembinaan tersebut akan ditargetkan untuk Bawaslu provinsi hingga panwas tingkat kecamatan.

Tujuannya tak lain untuk memaksimalkan peran, tugas, dan wewenang Bawaslu sebagai pengawas yang mampu menangani masalah selama pemilu berlangsung nantinya.

"Kita berharap Bawaslu bisa menjadi 'motor' dalam melakukan tugas-tugas pencegahan supaya nantinya konflik yang terjadi bisa diminimalisir," kata Herwyn lewat dalam keterangan di situs bawaslu.go.id, Rabu (8/6/2022).

Langkah penyusunan kurikulum saat ini masih berupa susunan granddesain tentang pembinaan sumber daya manusia (SDM). Di dalamnya mencakup tugas-tugas pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran, pokok dan fungsi Bawaslu.

"Harapannya SDM kita bisa bekerja secara terampil dan berintegritas dalam melakukan tugasnya," ujar Kordiv Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu tersebut.

Rencananya, pembinaan akan dilakukan setelah proses rekrutmen 25 Bawaslu provinsi telah selesai. Dengan begitu, tim yang dibangun merupakan SDM berkualitas untuk melangsungkan pemilu nanti.

Akhir Mei lalu, Bawaslu telah mengerahkan tenaga untuk memproses rekrutmen di 25 provinsi. Rekrutmen menargetkan lingkungan anggota yang memiliki profesionalitas sesuai ketentuan seklaigus mengedepankan transparansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bawaslu SENGKETA PEMILU Pemilu 2024
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top