Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Bertemu Megawati Sebelum Melantik Pejabat BPIP. Bicarakan Apa?

Jokowi menyempatkan waktu untuk berbincang dengan Megawati Soekarnoputri para pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 07 Juni 2022  |  16:14 WIB
Jokowi Bertemu Megawati Sebelum Melantik Pejabat BPIP. Bicarakan Apa?
Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri sebelum melantik para pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) - Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dikutip melalui Sekretariat Presiden, pertemuan itu melalui sejumlah foto, di mana pertemuan keduanya dilakukan sebelum pelantikan para pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Sebelum melantik Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala BPIP, Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri di ruang tunggu Istana Negara, Jakarta, Selasa, 7 Juni 2022," dikutip melalui laman Sekretariat Presiden, Selasa (7/6/2022).

Selain itu, video berdurasi 32 detik berisi pertemuan Jokowi dan Megawati ini turut dibagikan oleh pihak Istana. Namun, belum ada pernyataan pers berkaitan dengan pertemuan ini.

Untuk diketahui, Megawati kembali dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP untuk periode 2022-2017, setelah sebelumnya dirinya dilantik pada 2018.

"Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela, sehingga saya dapat menjadi tauladan insan Pancasilais," kata Jokowi saat mengambil sumpah jabatan dalam acara pelantikan di Istana Negara, Selasa (7/6/2022).

Adapun, terdapat delapan nama dewan pengarah yang dilantik Jokowi hari ini. Selain Megawati dan Try Sutrisno, mayoritas masih diisi oleh nama-nama lama seperti eks Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj, dan wartawan senior Rikard Bagun.

Kemudian, nama-nama lain yang mengisi kepengurusan adalah pendeta dan teolog Andreas Anangguru Yewangoe, Ketua Dewan Pengawas Majelis Buddhayana Indonesia Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto, dan Eks Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus atau Kopassus ke-25 Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya.

Bahkan, terdapat nama baru yang dilantik untuk berada di dalam kepengurusan yaitu ilmuwan Muhammad Amin Abdullah.

Dia menggantikan anggota Dewan Pengarah BPIP yang meninggal dunia pada 27 Mei lalu yaitu mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif.

Perubahan posisi juga dialami oleh Karjono, yang semula menjabat sebagai Sekretaris Umum, kini digeser menjadi Wakil Kepala menggantikan Hariyono. Sementara akademisi Yudian Wahyudi tetap menjabat sebagai Kepala BPIP dan juga dilantik Jokowi pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi megawati pelantikan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top