Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arab Saudi Musim Panas, Jemaah Haji Diimbau Tetap Pakai Alas Kaki

Jemaah haji diimbau tetap menggunakan alas kaki saat berada di pelataran Masjid Nabawi karena suhu di Arab Saudi sedang sangat panas.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 06 Juni 2022  |  11:51 WIB
Arab Saudi Musim Panas, Jemaah Haji Diimbau Tetap Pakai Alas Kaki
Kondisi di Masjid Nabawi setelah pelonggaran karantina dilakukan di Arab Saudi. (Haramain Sharifain)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Amin Handoyo mengimbau jemaah haji untuk tetap menggunakan alas kaki saat berada di pelataran Masjid Nabawi.

Menurutnya, penggunaan alas kaki sangat penting untuk mencegah kulit kaki melepuh akibat panasnya lantai.

"Sandal harus tetap dipakai, nanti dibuka saat di depan pintu masjid," kata Amin Handoyo, di Madinah, Saudi, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (5/6/2022).

Adapun, cuaca di Madinah, Arab Saudi, sedang memasuki musim panas dimana suhu siang hari bisa mencapai 43-46 derajat Celsius. Cuaca yang sangat terik ini menyebabkan pelataran masjid Nabawi juga menjadi panas. Jika dilewati jemaah haji tanpa menggunakan alas kaki, pelataran yang panas itu bisa menyebabkan kami melepuh.

Amin menambahkan, ketika hendak masuk masjid, jemaah bisa menyimpan sandal dalam plastik yang dibawa. Kemudian, sandal tersebut bisa diletakkan di sisi jemaah saat salat.

"Jadi buka saja di depan pintu masuk masjid, lalu selesai salat begitu keluar pakai langsung," katanya.

Sementara itu, Petugas Haji di Posko Utama Masjid Nabawi, Siti Isnaini mengatakan bahwa persoalan sandal hilang menjadi salah satu keluhan yang disampaikan jemaah saat beraktivitas di Masjid Nabawi. Tidak jarang hal itu disebabkan mereka lupa posisi awal meletakkan atau menyimpan sandalnya.

"Padahal kadang dia lupa taruh sandalnya di mana. Mungkin dia masuk pintu mana, terus sandal diletakim di-locker. Beres salat lupa tadi sandalnya taruh di mana dan lupa juga masuk pintu lewat mana," ungkap Siti.

Siti sangat tidak menyarankan jemaah haji nekat pulang ke hotel tanpa alas kaki. Pasalnya, jalan yang dilalui jemaah bisa sangat panas dan membahayakan kaki.

Kemudian, Kasie Perlindungan Jemaah Haji (Linjam), Harun Al Rasyid menyebut ada lima posko petugas PPIH yang tersebar di kompleks Masjid Nabawi. Lima pos diisi petugas Linjam dan Kesehatan.

Empat pos terletak di pintu-pintu gerbang seperti posko utama di pintu 332, pintu 328 pos dua, pintu 306 pos ketiga, pintu 358 pos, dan pos Raudhah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi Ibadah Haji jemaah haji
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top