Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-90: Vladimir Putin Kunci untuk Akhiri Invasi 

Berikut update perang Rusia vs Ukraina hari ke-90 yang dirangkum The Guardian pada Selasa (24/5/2022).
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  14:42 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin di Moskow. - Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin di Moskow. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina sudah memasuki pekan ke-90 sejak awal invasi. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan sosok kunci untuk mengakhiri perang tak lain adalah Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pengadilan di Kyiv telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang tentara Rusia atas pembunuhan seorang warga sipil Ukraina

Selain hal itu, berikut beberapa update konflik Rusia vs Ukraina hari ke-90 yang dirangkum The Guardian pada Selasa (24/5/2022). 

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-90

Putin Kunci untuk Akhiri Perang 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy mengatakan bahwa saat ini harapan satu-satunya untuk mengakhiri perang adalah Presiden Rusia Vladimir Putin.

Hal itu Zelensky sampaikan dalam pidato di Forum Ekonomi Dunia di Davos, ia juga menambahkan bahwa dirinya tidak dapat menerima pertemuan apa pun dan siapa pun dengan Federasi Rusia selain Presiden.

Diplomat Rusia Mengundurkan Diri

Seorang diplomat veteran Rusia di Jenewa telah mengundurkan diri atas invasi Negaranya ke Ukraina. Boris Bondarev, seorang konselor Rusia untuk PBB di Jenewa, menulis dalam sebuah pernyataan publik dengan mengatakan “Saya tidak pernah begitu malu dengan negara saya.”. Boris membenarkan pernyataan itu dan telah menyerahkan surat pengunduran dirinya.

Sersan Rusia Mendapat Hukuman Penjara Seumur Hidup

Sebuah pengadilan di Kyiv telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang tentara Rusia atas pembunuhan seorang warga sipil Ukraina, dalam putusan pertama sebuah pengadilan tentang kejahatan perang oleh tentara Rusia selama invasinya ke Ukraina. Vadim Shishimarin (21) yang merupakan sersan, dinyatakan bersalah membunuh Oleksandr Shelipov (62) di wilayah Sumy selama hari-hari pertama invasi.

48 Tersangka Kejahatan Perang Akan Diadili di Pengadilan Ukraina

Jaksa Agung Ukraina, Iryna Venediktova, mengatakan ada sekitar 13.000 kasus dugaan kejahatan perang Rusia yang sudah diselidiki pada Senin. sekitar 48 tentara Rusia akan menghadapi pengadilan kejahatan perang dan saat ini pejabat Ukraina telah memiliki daftar sekitar 600 tersangka yang diduga terlibat dalam kejahatan perang tersebut.

Pasokan Peralatan Canggih AS Akan Dikirim ke Ukraina

Menteri pertahanan AS, Lloyd Austin mengatakan bahwa saat ini Dua puluh negara telah mengumumkan paket bantuan keamanan baru dan disetujui untuk pengiriman senjata yang lebih canggih ke Ukraina, seperti peluncur Harpoon dan rudal untuk melindungi pantai Ukraina.

Upaya Denmark Bantu Membebaskan Pelabuhan Ukraina dari Rusia

Denmark berjanji untuk mengirim rudal anti-kapal Harpoon yang dapat digunakan untuk mengusir angkatan laut Rusia dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina, hal ini agar Ukraina kembali dapat mengekspor biji-bijian dan produk pertanian lainnya yang sempat terhenti akibat dikuasainya pelabuhan Laut Hitam oleh Rusia.

Pasukan AS Tercium Akan Terjun Langsung di Ukraina

Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley saat ini sedang melangsungkan diskusi mengenai rencana tentang beberapa pasukan AS yang akan ditempatkan di Ukraina.

Desakan Zelensky Kepada Barat

Volodymyr Zelensky mendesak barat untuk meningkatkan sanksi ekonominya terhadap Rusia, hal itu Zelensky sampaikan saat Forum Ekonomi Dunia di Davos. Zelenskiy menyerukan embargo minyak penuh, pemutusan bank-bank Rusia dari sistem keuangan global, isolasi total sektor TI Rusia dan larangan perdagangan dengan Rusia.

Menanggapi hal tersebut, Uni Eropa kemungkinan akan menyetujui embargo impor minyak Rusia dalam beberapa hari kata menteri ekonomi Jerman mengatakan pada hari Senin. Robert Habeck juga mengatakan kepada penyiar Jerman ZDF bahwa Komisi Eropa dan AS sedang mengerjakan proposal untuk membatasi harga minyak global daripada membayar harga berapa pun untuk Rusia.

“Lumpur Hisap” Terus Melanda Wilayah Donbas

Zelenskiy memberikan wawasan tentang tingkat kerugian yang diderita oleh pasukan Ukraina di Donbas, dengan mengatakan bahwa sekitar 50 hingga 100 orang Ukraina bisa mati setiap hari. Korban kematian, runtuhnya ekonimi seakan menjadi lumpur hisap setiap harinya untuk Ukraina.

90 Orang Tewas Melalui Serangan Udara Chernihiv

Hampir 90 orang tewas dalam serangan udara Rusia di desa Desna wilayah utara Ukraina, Chernihiv. Zelensky mengatakan serangan ini merupakan serangan yang memiliki korban tewas terbesar dalam satu serangan selama invasi Rusia.

Pejuang Ukraina di Mariupol Akan Diadili Rusia

Kepala Daerah separatis Donetsk, Denis Pushilin mengatakan bahwa para pejuang Ukraina yang menyerah di pabrik baja Azovstal di kota pelabuhan Mariupol akan diadili. Walaupun adanya ketidakjelasan tentang tuduhan apa yang akan dihadapi para tentara itu.

IMF Peringatkan Resesi Ukraina

Direktur IMF, Kristalina Georgieva memperingatkan bahwa dengan adanya perang di Ukraina dapat menyebabkan resesi ekonomi yang lebih buruk, ia juga meramalkan bahwa 2022 akan menjadi tahun yang sulit dan ia juga menolak untuk mengesampingkan resesi global jika kondisinya memburuk secara nyata.

Pencurian Hasil Pertanian Ukraina oleh Rusia

Gambar satelit menunjukkan pencurian gandum Ukraina oleh Rusia. Gambar-gambar yang dirilis oleh Maxar Technologies mendukung klaim dari Zelensky yang mengatakan bahwa makanan di Negaranya telah dicuri secara bertahap oleh Rusia, sebanyak dua kapal pengangkut curah dengan bendera Rusia terlihat sedang memuat biji-bijian dari tempat mereka berlabuh.

Starbuck Keluar dari Rusia

Starbucks dilaporkan telah meninggalkan pasar Rusia, perjalanan bisnis 15 tahun akhirnya harus meninggalkan Rusia akibat konflik yang terjadi di Ukraina. Starbucks sendiri setidaknya memiliki 130 toko dan hampir 2.000 karyawan di Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vladimir putin Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelensky
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top