Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemilu 2024, Makna Raja Dangdut Rhoma Irama Kembali ke Partai Golkar

Apa makna Raja Dangdut Rhoma Irama kembali ke Partai Golkar?
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 April 2022  |  13:34 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Rhoma Irama. - Antara
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Rhoma Irama. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Apa makna Raja Dangdut Rhoma Irama kembali ke Partai Golkar?

Pengamat politik Robi Nurhadi menyebut, bergabungnya kembali pedangdut legendaris Rhoma Irama ke Partai Golkar menjadi bukti bahwa Airlangga Hartarto sebagai pemimpin pemersatu.

“Ini menandai prestasi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai pemimpin pemersatu”, ujarnya di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Menurut dia, Ramadan 1443 H menjadi berkah Partai Golkar dengan kembalinya Rhoma Irama ke partai ini. Tidak mudah bagi seorang tokoh publik, masuk partai atau kembali ke partai.

"Selama Airlangga Hartarto, beberapa tokoh publik yang berpotensi sebagai pendulang suara besar kembali ke Golkar. Sebelum Rhoma Irama, ada Yuddy Chrisnandi yang pernah menjadi Menpan RB dan Dubes RI untuk Ukraina. Belum lagi tokoh-tokoh lainnya di daerah-daerah se-Indonesia," katanya.

Robi menjelaskan, bahwa fenomena "Turn Back To Golkar" ini bisa mendekatkan profil kepemimpinan Airlangga Hartarto dengan Akbar Tandjung yang mampu mempertahankan Golkar di tengah tekanan politik yang hampir meruntuhkan Golkar pada awal Reformasi dulu. Moto "Bersatu untuk Maju" begitu populer di masa Akbar Tandjung.

“Kalau kembalinya Rhoma Irama diikuti tokoh-tokoh lainnya, maka era kepemimpinan Airlangga Hartarto bisa dikenal dengan " Turn Back To Golkar Era" dengan makna dua, yaitu kembalinya tokoh-tokoh politik yang matang dan kembalinya Golkar sebagai pemenang pemilu," kata dia.

Robi menilai potensi kembali ke partai Golkar tersebut besar karena publik sudah bisa menilai kapasitas partai yang ada sekarang, baik partai pemenang utama, partai papan tengah, maupun profil partai oposisi.

Sebagaimana diketahui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengonfirmasikan bahwa Rhoma Irama telah kembali ke Partai Golkar.

“Senior kita, Kiai Haji Rhoma Irama adalah kader Golkar. Sempat hijrah ke sana ke mari sebelum akhirnya kembali ke Partai Golkar," kata Airlangga.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rhoma irama partai golkar Pemilu 2024

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top