Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prabowo dan Ganjar Jadi 'Bakal Capres' dengan Elektabilitas Tinggi Versi Survei Populi Center

Lembaga penelitian kebijakan dan opini publik Populi Center mencatatkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo teratas dalam survei Dinamika politik jelang Pemilu 2024.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 April 2022  |  17:15 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan seusai menyerahkan hadiah bagi para pemenang kompetisi Hetero for Startup Season 2 yang diselenggarakan pada Minggu, (27/3/2022).  - Dok. Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan seusai menyerahkan hadiah bagi para pemenang kompetisi Hetero for Startup Season 2 yang diselenggarakan pada Minggu, (27/3/2022). - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga penelitian kebijakan dan opini publik Populi Center mencatatkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo teratas dalam survei Dinamika politik jelang Pemilu 2024.

Peneliti yang juga Deputi Direktur Eksekutif Populi Center, Rafif Pamenang Imawan mengatakan, dalam pertanyaan tertutup simulasi 10 tokoh untuk menjadi Presiden, mayoritas masyarakat memilih sosok Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang memiliki elektabilitas tertinggi dengan persentase masing-masing sebesar 24 persen.

"Tokoh berikutnya yang paling banyak diharapkan adalah Anies Baswedan (12,1 persen), Sandiaga Salahuddin Uno (6,3 persen), Ridwan Kamil (5 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (4 persen), Puan Maharani (2,4 persen), Andika Perkasa (1,4 persen), Erick Thohir (1,3 persen), dan Airlangga Hartarto (0,9 persen)," katanya, dikutip melalui akun Youtube Populi Center Channel, Minggu (24/4/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan terkait dengan peta politik di pemilu 2024, apabila ditinjau dari aspek perilaku pemilih, masyarakat tidak mempersoalkan latar belakang suku calon presiden. 

Alhasil sosok Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan menjadi tiga kandidat kuat, berdasarkan pertanyaan terbuka dan simulasi 10 tokoh.

"Meski begitu peta politik masih terbuka, sebab masih cukup banyak masyarakat yang belum mengetahui pelaksanaan pemilu serentak di tahun 2024, serta masih banyak masyarakat yang belum memutuskan/menolak menjawab dalam pertanyaan terkait elektabilitas. Di luar ketiga nama tersebut, terdapat nama-nama lain yang patut diperhitungkan, antara lain Sandiaga Salahuddin Uno, Ridwan Kamil, dan Erick Thohir," tuturnya.

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) masih menjadi top of mind dalam menjadi calon presiden. 

"Pertanyaan terbuka, mayoritas responden menjawab Joko Widodo sebagai sosok paling dipilih sebagai Presiden apabila pemilu diadakan hari ini dengan persentase 15,5 persen," katanya.

Rafif menjelaskan tingkat keterpilihan Jokowi dari 2019 hingga kini mengalami penurunan. Pada November 2019, Jokowi memiliki elektabilitas 49,3 persen, kemudian pada 2020 elektabilitasnya menurun menjadi 18,6 persen.

"Pada 2019 terpilih menjadi dua kalinya. Kemudian menurun. Secara sadar publik secara sadar mengetahui bahwa kemudian harus ada kepemimpinan, dari sini dilihat dari tingkat kepuasannya juga," tuturnya.

Sementara itu, disusul Prabowo Subianto yaitu 13,4 persen, Ganjar Pranowo 11,6 persen, Anies Baswedan 7,2 persen, serta Sandiaga Salahuddin Uno dan Ridwan Kamil dengan masing-masing 2,2 persen.

"Untuk 20 nama yang mendapatkan persentase di bawah 2 persen, terdapat nama Agus Harimurti Yudhoyono dengan 1,1 persen, disusul Tri Rismaharini (0,8 persen), Puan Maharani (0,7 persen), Susilo Bambang Yudhoyono (0,6 persen), Erick Thohir (0,4 persen), dan Basuki Tjahaja Purnama (0,4 persen). Adapun nama lain mendapatkan persentase di bawah 0,4 persen," tuturnya.

Survei Populi ini dilakukan pada 21 hingga 21 Maret 2022 menggunakan metode tatap muka menggunakan aplikasi survei Populi Center.

Responden mencapai 1.200 dipilih secara acak dan tersebar di 120 kelurahan di 34 provinsi. Sedangkan margin of error + 2.83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

capres ganjar pranowo prabowo subianto elektabilitas Pilpres 2024
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top