Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jasa Marga (JSMR) Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jagorawi

Rekayasa lalu lintas disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 22 April 2022  |  19:34 WIB
Kepadatan kendaraan di ruas Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (5/7/2021). Meskipun telah diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, ruas Tol Jagorawi terpantau padat. - Antara
Kepadatan kendaraan di ruas Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (5/7/2021). Meskipun telah diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, ruas Tol Jagorawi terpantau padat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di ruas Tol Jagorawi saat arus mudik Lebaran 2022.

General Manager Representative Office 1 Tri Wahyu Subekti menjelaskan titik lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan saat arus mudik antara laiin arah Bogor atau Ciawi antara lain di km 7+200, km 13+000, km 36+400, selepas GT Bogor 1 dan GT Ciawi 1.

Sedangkan titik – titik lokasi potensi kepadatan saat arus balik antara lain di GT Ciawi 2, GT Sentul Selatan 2, km 15+200 Simpang Susun Cimanggis arah Jakarta, km 14+600, km 8+800 Kanalisasi Pasar Rebo.

Sementara itu untuk ruas JORR E potensi kepadatan saat arus mudik yaitu di Ramp 3 km 45 + 200 Cikunir dan Ramp 1 km 46+200, sedangkan lokasi potensi kepadatan saat arus balik di GT Cikunir 4 dan GT Cikunir 6.

Tri mengatakan untuk mengantisipasi kepadatan di Ruas JORR E di Ramp 3 arah ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek akan dilakukan rekayasa lalu lintas dengan meluruskan kendaraan dari arah Jati Asih keluar ke arah Pondok Kelapa.

Selanjutnya kendaraan menggunakan lajur kanalisasi yang telah disiapkan untuk dapat melakukan putar balik masuk kembali ke jalur utama melalui bukaan sementara yang telah disiapkan sebelum GT Kalimalang 2 dan selanjutnya mengarah ke Cikampek atau Bandung melalui Ramp 1.

"Untuk ruas Jagorawi penerapan contra flow  di km 17+200--8+800 arah Jakarta dan km 44+600--46+400 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi atau Sukabumi," ujar Tri dalam keterangan resminya, Jumat (22/4/2022).

Selain itu, pekerjaan pemeliharaan yang berpotensi menimbulkan kepadatan lalu lintas di jalan tol akan dihentikan sementara sejak H-10 sampai dengan H+10 selama periode libur Hari Raya Idulfitri.

Tri menambahkan, pekerjaan penambalan lubang di jalan tol, penggantian lampu PJU dan pekerjaan pemenuhan SPM lainnya tetap dilaksanakan dengan tim siaga, tim sapu lubang 24 jam serta penyiagaan pompa dititik lokasi rawan genangan.

"Peningkatan layanan juga dilakukan pada lokasi rest area, dengan memastikan kesiapan pelayanan meliputi protokol kesehatan Covid-19, lokasi top up uang elektronik dan memastikan keberfungsiannya, penambahan fasilitas toilet portabel, melaksanaan perbaikan infrastruktur jalan serta area parkir kendaraan besar dan kecil, monitoring kebersihan rutin, pengaturan parkir kendaraan, serta memastikan ketersediaan BBM dan air bersih," jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jsmr Mudik Lebaran tol jagorawi
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top