Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei SMRC: Anies-AHY Diprediksi Menang Lawan Prabowo-Puan

Pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono unggul tipis terhadap Prabowo-Puan menurut survei terbaru SMRC.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 21 April 2022  |  18:03 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyambangi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada hari ini. - Nyoman Ary Wahyudi\r\n
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyambangi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada hari ini. - Nyoman Ary Wahyudi\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Pendiri SMRC Saiful Mujani mengatakan bahwa persaingan pemilihan presiden akan sangat ketat jika pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani melawan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atau Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto.

Berdasarkan hasil survei terbaru SMRC pada Maret lalu, Saiful memaparkan bahwa jika yang bertarung hanya dua pasangan, yakni Prabowo-Puan melawan Anies-AHY, Prabowo-Puan sedikit unggul dengan 41 persen. Anies-AHY 37,9 persen dan 21 persen yang belum menentukan pilihan.

"Suara dua pasangan ini dinilai seimbang karena selisihnya di bawah margin of error. Dukungan pada dua pasangan ini secara statistik tidak berbeda secara signifikan," katanya pada diskusi virtual dengan tema "Prabowo-Puan vs Ganjar-Airlangga atau Anies-AHY?" Kamis (21/4/2022).

Saiful menjelaskan bahwa hal yang sama juga terjadi dalam simulasi Prabowo-Puan melawan Ganjar-Airlangga. Prabowo-Puan mendapat 39,3 persen, Ganjar-Airlangga 40,3 persen dan 20,5 persen yang belum menentukan pilihan.

Jika polanya seperti ini, Saiful melihat belum bisa diperkirakan pasangan mana yang akan unggul. Akan tetapi jika mengacu pada Prabowo yang sudah berkali-kali ikut gelanggang, kemungkinan untuk menaikkan suaranya lebih berat dibanding Ganjar atau Anies.

"Saya kira di akhir tahun, kemungkinan pasangan ini akan semakin mengerucut," jelasnya.

Survei SMRC dilakukan pada 1.220 responden yang dipilih secara acak dengan metode stratified multistage random kepada warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih.

Responden yang dapat diwawancarai secara validsebesar 1.027 atau 84 persen. Jumlah tersebut yang dianalisis dengan margin of error sekitar 3,12 persen.

Tingkat kepercayaannya 95 persen. Wawancara tatap muka dilakukan pada 13 sampai 20 Maret 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan smrc
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top