Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hore! Dana BOS Madrasah dari Kemenag Segera Cair Rp1,3 Triliun

Kemenag akan mencairkan dana BOS pada bulan ini, yang akan diberikan kepada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Dana Bantuan Operasional Madrasah (BOS) tahun 2022 akan kembali dicairkan oleh Kementerian Agama atau Kemenag. 

Adapun proses pencairan tahap I dana BOS Kemenag senilai Rp2,2 triliun telah diberikan ke 31.838 madrasah pada Maret 2022. Kemudian, April ini akan segera dicairkan kembali sebesar Rp1,3 triliun.

“Kami sedang berupaya agar pencairan BOS Tahap l seluruhnya selesai sebelum tanggal 22 April 2022,” ucap Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi, seperti yang dilansir dari situs Kemenag pada Selasa (19/4/2022).

Menurutnya, data calon penerima BOS pada 2022 mencapai 48.098 madrasah. Jumlah tersebut terdiri dari 23.666 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 16.363 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 8.069 Madrasah Aliyah (MA).

Isom menyatakan bahwa telah diterbitkan Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk pembayaran BOS Madrasah berikutnya. Sehubungan dengan itu,  pembayaran BOS untuk 16.260 madrasah yang terdiri dari 8.391 MT dan 7.869 MA akan menjadi Rp1,3 triliun.

“Pekan lalu, tepatnya 12 April 2022, telah dilakukan langkah-langkah akselerasi pencairan BOS yang melibatkan para pihak dari Kemenag RI, KPPN dan pihak perbankan. Kami terus berupaya agar bisa dilakukan  pencairan pada 18 April 2022 untuk 8.391 MTs dengan dana Rp664,27 miliar,” sebutnya.

“Adapun Madrasah Aliyah, kami usahakan cair pada 19 April 2022 untuk 7.869 MA dengan dana Rp 719,79 miliar,-. Kami berharap tidak ada kendala teknis dan administrasi dalam proses pencairannya,” sambung Isom.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama pada Direktorat KSKK Madrasah Aceng Abdul Aziz menambahkan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan, termasuk pembayaran BOS Madrasah.

“Kami dan pengelola madrasah terus bekerja keras berupaya mewujudkan madrasah mandiri dan berprestasi. Bahkan dalam bulan April 2022 ini juga kami sedang  merencanakan BOS tambahan melalui program reformasi madrasah, yaitu Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi  (BKBA),” katanya.

Dana BOS merupakan sumber pendanaan mutlak untuk penyelenggaraan pembelajaran di tingkat madrasah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper