Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Jenderal Rusia Tewas dalam Pertempuran di Ukraina, Ini Daftarnya

Setidaknya sampai dengan saat ini sudah ada 8 jenderal Rusia yang tewas dalam pertempuran dengan Ukraina.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 17 April 2022  |  17:53 WIB
8 Jenderal Rusia Tewas dalam Pertempuran di Ukraina, Ini Daftarnya
Pasukan Rusia mengarahkan senapan ke lawan - Emerging Europe
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah jenderal Rusia yang tewas dalam pertempuran dengan Ukraina terus bertambah. Setidaknya sampai dengan saat ini sudah ada 8 petinggi militer Rusia yang tewas.

Terbaru, Vladimir Frolov, wakil komandan Angkatan Darat ke-8 Rusia, tewas dalam pertempuran di Ukraina pada awal pekan ini. Informasi tersebut disampaikan oleh Wali Kota St. Petersburg Alexander Beglov dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (16/4).

Alexander Beglov turut menghadiri pemakaman sang jenderal yang diadakan di Pemakaman Serafimovskoe yang bersejarah di kota itu pada Sabtu.

"Hari ini kami mengucapkan selamat tinggal kepada pahlawan sejati," kata Beglov dilansir New York Times, Minggu (17/4/2022).

Beglov mengatakan Vladimir Petrovich Frolov meninggal secara heroik dalam pertempuran dengan Ukraina.

"Vladimir Frolov telah mengorbankan hidupnya agar anak-anak, wanita dan orang tua di Donbas tidak lagi mendengar ledakan bom. Sehingga mereka berhenti menunggu kematian dan, meninggalkan rumah, mengucapkan selamat tinggal seolah-olah itu adalah yang terakhir kalinya," ujarnya.

Selain Vladimir Frolov, seperti dilansir BBC, Minggu (17/4) setidaknya ada 7 nama jenderal Rusia lainnya yang tewas dalam pertempuran dengan Ukraina yang dimulai sejak 24 Februari 2022.

Berikut daftar jenderal Rusia yang tewas dalam pertempuran di Ukraina:

1. Letnan Jenderal Yakov Rezantsev

Kementerian pertahanan Ukraina mengatakan Letnan Jenderal Yakov Rezantsev, tewas dalam serangan di dekat kota selatan Kherson. Rezantsev adalah komandan tentara gabungan ke-49 Rusia.

Diperkirakan bahwa moral yang rendah di antara pasukan Rusia telah memaksa perwira senior lebih dekat ke garis depan. Dalam percakapan yang disampaikan oleh militer Ukraina, seorang tentara Rusia mengeluh bahwa Rezantsev telah mengklaim perang akan berakhir dalam beberapa jam, hanya empat hari setelah dimulai.

Media Ukraina melaporkan pada Maret lalu bahwa jenderal itu tewas di pangkalan udara Chornobaivka dekat Kherson, yang digunakan Rusia sebagai pos komando dan telah diserang oleh militer Ukraina beberapa kali.

2. Andrei Mordvichev

Letnan jenderal lainnya, Andrei Mordvichev, dilaporkan tewas oleh serangan Ukraina di pangkalan udara Chornobaivka dekat Kherson.

Kherson adalah kota Ukraina pertama yang diduduki oleh pasukan Rusia, meskipun ada laporan bahwa protes harian diadakan di sana terhadap pendudukan Rusia.

3. Yakov Rezantsev

Letnan Jenderal Yakov Rezantsev dilaporkan tewas oleh serangan Ukraina di pangkalan udara Chornobaivka dekat kota Kherson. Dia dipromosikan menjadi letnan jenderal tahun lalu, dan menjadi komandan tentara gabungan ke-49 distrik militer selatan Rusia.

Dia dikatakan telah mengambil bagian dalam operasi militer Rusia di Suriah.

4. Oleg Mityaev

Mayor Jenderal Oleg Mityaev dilaporkan tewas di suatu tempat dekat kota Mariupol, sebuah kota di tenggara Ukraina yang telah menyaksikan beberapa pertempuran terberat sejauh ini. Resimen nasionalis Azov mengklaim telah membunuhnya.

Dia adalah komandan divisi senapan bermotor ke-150 tentara Rusia, unit yang relatif baru dibentuk pada tahun 2016, dan berbasis di wilayah Rostov dekat perbatasan Ukraina.

5. Andrei Kolesnikov

Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov, dari tentara gabungan ke-29, tewas dalam pertempuran pada 11 Maret, menurut sumber resmi Ukraina.

6. Vitaly Gerasimov

Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov, kepala staf tentara gabungan ke-41 Rusia, tewas pada 7 Maret di luar kota timur Kharkiv, menurut kementerian pertahanan Ukraina. Kharkiv, yang dekat dengan perbatasan Rusia, mendapat serangan berkelanjutan dari pasukan Rusia.

Militer Ukraina merilis rekaman dari apa yang dikatakan dua pejabat dinas keamanan Rusia yang membahas kematian Gerasimov, dan mengeluh bahwa jaringan komunikasi aman mereka tidak lagi berfungsi di Ukraina.

Gerasimov terlibat dalam perang Chechnya kedua, operasi militer Rusia di Suriah, dan dalam pencaplokan Krimea oleh Rusia pada tahun 2014.

7. Andrey Sukhovetsky

Mayor Jenderal Andrey Sukhovetsky, seorang wakil komandan di unit yang sama dengan Gerasimov, dilaporkan tewas oleh penembak jitu pada 3 Maret.

Seperti Gerasimov, Sukhovetsky adalah bagian operasi militer Rusia di Krimea dan di Suriah. Berbeda dengan jenderal lainnya, kematian Sukhovetsky dilaporkan di media Rusia dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengkonfirmasi dalam pidatonya bahwa seorang jenderal telah meninggal di Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top