Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada! Ini Gejala Covid-19 Varian XD yang Diawasi WHO

WHO resmi menetapkan Covid-19 varian XD sebagai variants under monitoring (VUM). Lantas, seperti apa saja gejalanya?
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 07 April 2022  |  19:50 WIB
Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) resmi menetapkan Covid-19 varian baru yang berasal dari rekombinasi varian Delta dan Omicron dengan julukan XD masuk dalam variants under monitoring (VUM).

Dikutip melalui laman WHO, dengan masuknya Covid-19 varian XD dalam VUM, maka  pelacakan masih perlu dilakukan untuk penilaian lebih lanjut.

"Rekombinan XD sedang dilacak sebagai VUM oleh WHO, meskipun penyebarannya tampaknya masih terbatas saat ini (26 sekuens dalam GISAID). Saat ini, bukti yang tersedia tidak menunjukkan bahwa itu lebih menular daripada varian eliminasi lainnya," tulis WHO dalam Weekly Epidemiological Update Covid-19, dikutip Kamis (7/4/2022).

Varian XD yang sebelumnya dikenal sebagai Deltacron di mana konfirmasi kasus sebagian besar dilaporkan dari Prancis, Denmark, Jerman, Belanda, dan Belgia.

Varian ini pertama kali terdeteksi pada Desember 2021 dan pada 22 Maret 2022 di mana sebanyak 49 sampel telah ditemukan di negara-negara tersebut.

"Kami tengah tingkatkan upaya menuju gambaran yang lebih representatif tentang varian yang beredar di negara masing-masing dengan mengirim whole genome sequencing dan metadata terkait ke database yang tersedia untuk umum, seperti GISAID," tutur WHO.

Sementara itu, disebutkan gejala varian XD yang paling umum dan perlu diwaspadai, adalah demam, sakit tenggorokan, pilek, batuk, bersin, kelelahan, nyeri tubuh, ruam, masalah pencernaan, dan kehilangan indra penciuman.

Adapun, untuk gejala yang tergolong parah atau serius, diebutkan apabila penderita mengalami sesak napas, jantung berdebar-debar, nyeri dada, dan saturasi oksigen rendah

Kendati demikian, bukti epidemiologis sejauh ini masih belum jelas dan membutuhkan pemantauan intensif. Begitu juga varian dalam daftar VuM ini bisa saja segera dihapus atau naik kelas ke variants of interest atau variants of concern (VoC).

Menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), varian XD merupakan gabungan dari Delta dan Omicron (BA.1), sedangkan XF gabungan dari Delta yang menyebar di Inggris dan Omicron (BA.1).

Varian XD kini termasuk dalam kategori variants under monitoring (VuM) atau varian yang diawasi, bersama-sama dengan varian varian IHU (B.1.640). Varian kategori ini dicurigai memiliki karakteristik virus yang bisa memicu risiko atau gelombang Covid-19 berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 Covid-19 Varian Delta omicron
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top