Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran 2022: Masyarakat Dianjurkan Tidak Berbicara di Transportasi Umum

Pemerintah secara resmi telah merilis syarat mudik Lebaran 2022. Salah satunya tidak dianjurkan untuk mengobrol saat menggunakan transportasi umum.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 04 April 2022  |  11:56 WIB
Mudik Lebaran 2022: Masyarakat Dianjurkan Tidak Berbicara di Transportasi Umum
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) berbincang bersama Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri (tengah) dan Wali Kota Bogor Bima Arya (kiri) saat naik KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/4/2022). Kementerian Perhubungan kembali akan mengoperasikan KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi pada 10 April 2022 setelah selama delapan bulan berhenti sementara karena pembangunan jalur ganda di rute tersebut. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah - YU
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah secara resmi telah merilis syarat mudik Lebaran 2022. Salah satunya tidak dianjurkan untuk mengobrol saat menggunakan transportasi umum.

Berdasarkan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022, pemudik yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum tidak diperkenankan mengobrol.

"Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan dengan moda transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, penyeberangan, dan udara," demikian bunyi SE Satgas seperti dikutip, Senin (4/4/2022).

Selanjutnya, pemudik wajib mengenakan masker tiga lapis atau masker medis menutup hidung, mulut, dan dagu. Mereka juga tidak diperkenankan makan dan minum terkecuali perjalanan lebih dari dua jam.

"Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut," demikian bunyi SE tersebut.

Selain itu, pemudik yang sudah divaksinasi booster disebutkan tidak perlu melampirkan hasil tes negatif Covid-19.

Namun, pemudik vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 PCR maupun antigen 3x24 jam atau 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi Mudik Lebaran Covid-19
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top