Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-38: Rusia Rekrut Militer Krimea, Ukraina Dapat Bantuan Dari AS

Pemerintah Rusia sedang melakukan perekrutan militer untuk menyerang wilayah Ukraina. Bagaimana update perang Rusia vs Ukraina hari ini?
Pasukan Rusia mengarahkan senapan ke lawan/Emerging Europe
Pasukan Rusia mengarahkan senapan ke lawan/Emerging Europe

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia sudah melakukan serangan ke Ukraina sejak 38 hari lalu. Memasuki hari ke-38 ini, presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan jika Rusia sedang mencoba untuk merekrut pasukan wajib militer di Krimea untuk membantu mereka menyerang Ukraina.

Bukan hanya itu saja, Volodymyr Zelensky menginstruksikan kepada pasukan Ukraina agar bersiaga di wilayah Donbas dan Kharkiv karena ada kemungkinan Rusia menyerbu kedua kota tersebut.

Selain kejadian tersebut, terdapat beberapa kejadian yang ada pada perang atau invasi Rusia ke Ukraina pada hari ke-38 ini. Dilansir dari The Guardian, Sabtu (02/4/22) berikut rangkuman kejadian yang terdapat pada hari ke-38 perang berlangsung.

Rangkuman perang Rusia Vs Ukraina hari ini:

1. Rusia Siap Serangan Donbas dan Kharkiv

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan situasi militer di timur negara Ukraina masih belum terkontrol. Dia mengulangi peringatan bahwa Rusia sedang mempersiapkan serangan di wilayah Donbas dan Kharkiv. Dalam pidato video pada Jumat malam, dirinya mengatakan pasukan Rusia di utara negara itu perlahan mundur, namun sedang bersiap untuk menyerang Donbas dan Kharkiv.

2. Rusia Mencoba Merekrut Militer dari Krimea

Dikatakan oleh Zelensky, Rusia sedang mencoba untuk merekrut tentara wajib militer dari masyarakat Krimea. Hal tersebut dilakukan oleh Rusia untuk membantu mereka melakukan serangan ke Ukraina. 

3. Helikopter Ukraina Serang Penyimpanan Minyak Rusia

Rusia mengatakan helikopter Ukraina menyerang dan menghancurkan fasilitas penyimpanan minyak di Belgorod, Rusia, sekitar 25 Km dari perbatasan dan dekat dengan kota Kharkiv. Namun, para pejabat Ukraina membantah pasukan mereka terlibat dalam penyerangan tersebut.

4. Rusia Kemungkinan Kehabisan Pasokan Bahan Bakar Karna Serangan Ukraina ke Belgorod

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan penghancuran tangki minyak di sebuah depot di kota Belgorod Rusia berarti memungkinkan hilangnya pasokan bahan bakar dan amunisi untuk pasukan Rusia. Ini kemungkinan akan menambah lebih banyak ketegangan pada rantai logistik Rusia yang sudah bermasalah. Dan pasokan untuk pasukan Rusia ke Kharkiv akan berpengaruh akibat insiden ini.

5. Amerika Serikat Kembali Kirim Bantuan ke Ukraina Sebesar $300 juta

Departemen pertahanan AS akan memberikan tambahan $300 juta dalam bantuan keamanan ke Ukraina. Bantuan tersebut berisi sistem roket berpemandu laser , drone, dan layanan citra satelit komersial yang akan sangat berguna bagi militer Rusia

6. 3.000 Orang Dievakuasi Dari Mariupol

Zelensky mengatakan lebih dari 3.000 orang telah dibawa ke tempat yang aman dari kota Mariupol yang masih dikepung oleh tentara Rusia. Lebih dari 6.000 total telah diselamatkan dari Mariupol, Donetsk, Luhansk, dan Zaporizhzhia. Komite Palang Merah Internasional mengatakan tidak dapat mencapai kota itu tetapi akan mencoba lagi untuk mengevakuasi warga sipil pada hari selanjutnya.

7. Aktor Sean Penn Akan Berikan Pesawat Bagi Militer Ukraina

Aktor Hollywood Sean Penn telah meminta seorang miliarder untuk maju dan membeli dua skuadron pesawat F-15 atau F-16 untuk Ukraina. Hal ini dirinya lakukan sebagai cara untuk mengutuk apa yang dilakukan Rusia dalam perang yang telah berlangsung lebih dari satu bulan ini.

8. 200 Garda Nasional Ukraina Dilaporkan Disandera Pasukan Rusia

Sekitar 200 anggota garda nasional Ukraina kemungkinan telah ditawan oleh pasukan Rusia saat mereka mundur dari pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, kata walikota Slavutych, Yuri Fomichev.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper