Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UPDATE Perang Rusia Vs Ukraina: AS Kirim Bantuan Tambahan ke Ukraina

AS akhirnya merespons permintaan Ukraina untuk mengirim bantuan dalam rangka bertahan dan menyerang balik Rusia.
Bendera Amerika Serikat/WallpaperCave
Bendera Amerika Serikat/WallpaperCave

Bisnis.com, JAKARTA - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) kembali mengirim bantuan tambahan untuk Ukraina untuk bertahan dari serangan Rusia.

Laporan Bloomberg Sabtu (2/4/2022) pagi menyebut bahwa bantuan ini meliputi uang tunai US$300 juta, tambahan pasukan, alat medis, dan drone peledak jarak jauh Switchblade.

Bantuan ini sekaligus menindaklanjuti seruan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenzkyy. Dalam pernyataan terakhir Jumat (1/4/2022), Zelenskyy meminta AS dan negara-negara pro-Ukraina untuk memberikan bantuan tambahan.

"Cukup beri kami misil, beri kami pesawat. Jika Anda tidak bisa memberikan kami F-18 atau F-19 atau apapun yang Anda punya, pesawat tua Soviet pun tidak apa. Itu saja," kata Zelenskyy.

Kolapsnya upaya perundingan damai antara Rusia-Ukraina memang berbuntut kembali memanasnya tensi konflik antara kedua negara sejak Jumat (1/4/2022). Tensi yang memanas ini berujung serangan kejutan yang beberapa kali dilakukan Rusia.

Pada hari tersebut, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim bahwa mereka telah membunuh lagi 40 pasukan nasionalis Ukraina. Termasuk menghancurkan satu baterai artileri, dua kendaraan tempur infanteri, dan empat kendaraan.

"Enam instalasi militer Ukraina juga dihancurkan oleh senjata udara presisi tinggi. Termasuk lima depot amunisi dan senjata roket, dan artileri di Boguslavsky, Kretishche, Reznikov, Velyka Novoselka, dan satu depot bahan bakar dan pelumas," ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov.

Militer Ukraina juga bukannya tidak bereaksi. Pada hari yang sama, 2 helikopter Mi-24 yang mereka kirim telah memasuki wilayah Rusia pada ketinggian rendah. Helikopter tersebut disinyalir mengincar fasilitas penyimpanan minyak yang terletak di pinggiran Belgorod.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper