Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serangan Rudal Rusia Hancurkan Depot BBM dan Gudang Roket Ukraina

Serangan rudal operasional-taktis Iskander berhasil menghancurkan 2 depot besar senjata roket dan artileri di desa Kamenka, wilayah Donetsk.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  15:46 WIB
Petugas darurat Ukraina bekerja di sisi rumah sakit bersalin yang rusak akibat penembakan di Mariupol, Ukraina, Rabu (9/3/2022). Serangan Rusia telah merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung. - Istimewa
Petugas darurat Ukraina bekerja di sisi rumah sakit bersalin yang rusak akibat penembakan di Mariupol, Ukraina, Rabu (9/3/2022). Serangan Rusia telah merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA --Angkatan Bersenjata Rusia terus meluncurkan serangan rudal ke fasilitas-fasilitas militer milik Angkatan Bersenjata Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan rudal udara berpresisi tinggi menghancurkan depot bahan bakar besar milik militer Ukraina di wilayah Starokonstantinov dan Khmelnitsky.

“Depot bahan bakar tersebut untuk memasok bahan bakar untuk kendaraan lapis baja pasukan Ukraina di Donbass,” ujar Jubir Utama Kemhan Rusia, Igor Konashenkov, Rabu (30/3/2022). 

Selain depot BBM, lanjut Konashenkov, rudal operasional-taktis Iskander juga berhasil menghancurkan dua depot besar senjata roket dan artileri di desa Kamenka, wilayah Donetsk. 

Sementara dalam sebuah pertempuran udara, Rusia menembak jatuh sebuah pesawat tempur Ukraina Su-24 milik Angkatan Udara Ukraina di daerah Tumen, wilayah Rivne, dekat perbatasan Ukraina-Belarusia.  

Adapun, rudal pertahanan udara pasukan kedirgantaraan Rusia menghancurkan 10 kendaraan udara tak berawak Ukraina di daerah pemukiman Izyum, Novaya Kakhovka, Donetsk, Nikolaev, Berdyansk, Gorlovka, Lugansk dan Rubizhne dalam sehari. 

Pada siang hari, penerbangan taktis operasional dan pasukan rudal menghantam 64 fasilitas militer Ukraina.  

Fasilitas yang dihancurkan antara lain, 4 titik kontrol, termasuk markas besar pasukan operasi khusus Ukraina di daerah pemukiman Bereznigovatoe, wilayah Mykolaiv, 3 sistem rudal anti-pesawat, 1 S-300 di dekat kota Malin, wilayah Zhytomyr dan 2 Buk-M1 di wilayah Ugledar dan Slavyansk.

"Tiga instalasi sistem peluncuran roket ganda, dua baterai artileri dan 49 area konsentrasi peralatan militer Ukraina dan benteng Angkatan Bersenjata Ukraina juga berhasil dihancurkan," imbuh Konashenkov.

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, sebanyak 124 pesawat dan 77 helikopter, 214 sistem rudal anti-pesawat, 321 kendaraan udara tak berawak, 1.752 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 184 peluncur roket ganda, 734 meriam dan mortir artileri lapangan, serta 1.640 unit kendaraan militer khusus Ukraina berhasil dihancurkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top