Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-35: Rusia Klaim Tarik Pasukan dari Kyiv dan Chernihiv

Berikut update situasi militer perang Rusia vs Ukraina hari ke-35. Pemerintah Rusia klaim telah menarik pasukan dari Kyiv dan Chernihiv. Benarkah?
Pasukan pro-Rusia saat konflik Ukraina-Rusia mengerahkan tank di kota Mariupol, Ukraina/The Guardian
Pasukan pro-Rusia saat konflik Ukraina-Rusia mengerahkan tank di kota Mariupol, Ukraina/The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Situasi militer perang Rusia vs Ukraina hari ke-35 mulai mereda pasca perundingan damai kedua negara yang berlangsung di Turki. Rusia mengumumkan penarikan beberapa unit dari pasukan wilayah atau Oblast Kyiv dan Chernihiv.

Keputusan itu dilakukan Rusia lantaran telah menyelesaikan tujuan yang diinginkan di daerah tersebut. Apakah klaim Rusia tersebut benar atau tidak?

Berikut ringkasan hari ke-35 invasi Rusia ke Ukraina pada 30 Maret 2022, seperti yang dilansir dari Military Land pada Rabu (30/3/2022).

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-35

Garis Depan Polandia

• Oblast Kiev

Rusia telah mengumumkan penarikan beberapa elemennya ke Belarus. Sementara itu, artileri Rusia terus menghantam posisi Ukraina di sepanjang garis kontak saat ini di barat Kyiv.

• Oblast Zhytomyr

Tidak ada perubahan di lapangan di Zhytomyr Oblast.

Garis Depan Utara

• Oblast Chernihiv

Chernihiv tetap terkepung. Sementara itu, Rusia telah mengumumkan penarikan beberapa elemennya ke Belarus.

• Sumy Oblast

Situasinya tidak banyak berubah pada hari ini. Relawan Ukraina mengirimkan bantuan kepada penduduk Trostianec, sedangkan pasukan Ukraina terus mengamankan daerah di sekitar kota.

Garis Depan Sloboda

• Oblast Kharkiv

Pasukan Ukraina telah mengamankan jalan raya antara Kharkiv dan Chuhuiv. Sekitar Izium tetap menjadi titik terpanas di daerah Kharkiv.

• Oblast Luhansk

Pasukan Rusia telah menembaki Rubizhne, Lysychansk, dan Popasna. Situasi kemanusiaan di kota-kota ini mendekati tahap bencana.

Garis Depan Pryazovia

• Oblast Donetsk

Tentara Ukraina telah melaporkan pertempuran di sepanjang jalur kontak di Donbas. Semua serangan dilaporkan ditolak.

• Oblast Zaporizhzhia

Tidak ada perubahan di lapangan di Zaporizhzhia Oblast.

Mariupol

Pembela Ukraina terus bertahan di Mariupol, meskipun serangan konstan pada posisi mereka di dalam kota. Presiden Perancis Emmanuel Macron mengadakan percakapan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang Mariupol. Dia meminta misi kemanusiaan dan evakuasi warga sipil yang tersisa. Presiden Putin dilaporkan akan memikirkannya, tetapi menyatakan bahwa misi kemanusiaan apa pun hanya mungkin jika pasukan Ukraina di Mariupol meletakkan senjata dan menyerah.

Garis Depan Selatan

• Oblast Mykolaiv

Sebuah rudal jelajah Rusia menghantam gedung administrasi regional di Mykolaiv. Pejabat Ukraina melaporkan terdapat 12 korban.

“Berdasarkan beberapa posting-an di media sosial, saya dapat memverifikasi bahwa tidak ada kehadiran musuh di Chervone, Partyzanske, dan Novoolesandrivka. Situasi di Snihurivka tidak jelas,” kata pejabat Ukraina.

Pasukan Rusia dilaporkan meninggalkan kota itu beberapa hari yang lalu, tetapi pasukan Ukraina belum memasukinya. Ada pertempuran berat dan duel artileri di sekitarnya. 

• Oblast Kherson

Tidak ada perubahan di lapangan di Kherson Oblast.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper