Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Fakta Jatuhnya Pesawat Boeing 737-800 China Eastern Airlines

Berikut 6 fakta jatuhnya jet China Eastern Airlines dalam penerbangan domestik. Mulai dari lokasi, korban jiwa, hingga kronologi kecelakaan.
Ilustrasi Pesawat China Eastern Arlines./Istimewa
Ilustrasi Pesawat China Eastern Arlines./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah pesawat jet dengan tipe Boeing 737-800 yang dioperasikan oleh maskapai China Eastern Airlines mengalami kecelakaan dan jatuh di pegunungan wilayah Guangxi, China selatan pada Senin sore (21/3/2022).

Hal ini disampaikan oleh Administrasi Penerbangan Sipil (CAAC) dari negara China. Pesawat tersebut membawa 132 penumpang dan kru.

Berikut beberapa fakta jatuhnya jet China Eastern Airlines dalam penerbangan domestik, seperti yang dilansir dari CNN World pada Selasa (22/3/2022). Mulai dari lokasi, korban, hingga kronologi kecelakaan

1. Lokasi dan Waktu Kecelakaan

Penerbangan China Eastern MU5735 dari Kunming ke Guangzhou berangkat pada pukul 13.11 waktu setempat (0511 GMT). Lalu, pelacakan penerbangan berakhir pada 14:22 waktu setempat (0622 GMT) di ketinggian 3.225 kaki dengan kecepatan 376 knot.

Seharusnya pesawat ini mendarat di Guangzhou, di pantai timur, pada pukul 15:05 (0705 GMT). Kemudian, CAAC mengonfirmasi bahwa China Eastern Airlines Penerbangan MU5735 telah jatuh di pegunungan wilayah Guangxi, China selatan.

2. Penumpang dan Korban

Menurut CAAC, China Eastern Airlines Penerbangan MU5735 membawa 123 penumpang dan sembilan awak. Upaya penyelamatan sedang dilakukan di lokasi kecelakaan, tetapi belum ada rincian resmi terkait jumlah korban.

3. Tanggapan China Eastern Airlines dan Boeing

China Eastern Airlines mengkonfirmasi rincian tersebut dan mengatakan telah mengaktifkan prosedur darurat, termasuk jalur bantuan darurat untuk anggota keluarga korban.

China Eastern Airlines juga menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang tewas dalam insiden itu, tanpa mengkonfirmasi jumlah korban tewas.

“Penyebab jatuhnya pesawat masih dalam penyelidikan. Perusahaan menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada penumpang dan awak yang tewas dalam kecelakaan pesawat ini,” kata China Eastern Airlines.

Sementara itu, Boeing menanggapi bahwa mereka bersama penumpang dan awak China Eastern Airlines Penerbangan MU5735.

"Kami bekerja dengan pelanggan maskapai kami dan siap mendukung mereka.”

Warna di situs web Boeing dan China Eastern Airlines diubah menjadi hitam dan putih di China, sebagai tanda penghormatan sebagai tanggapan atas kecelakaan itu.

4. Tipe Pesawat

Jenis dan tipe jet China Eastern Airlines (600115.SS) yang terlibat dalam kecelakaan tersebut adalah pesawat Boeing 737-800NG yang berusia 6 tahun.

Pesawat yang terlibat bukan jet Boeing Max generasi baru, tetapi model yang terlibat dalam kecelakaan fatal sebelumnya. Pesawat berbadan sempit Max yang bermesin ulang telah dilarang terbang pada Maret 2019 setelah kecelakaan fatal di Indonesia dan Ethiopia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper