Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Fakta Jatuhnya Pesawat Boeing 737-800 China Eastern Airlines

Berikut 6 fakta jatuhnya jet China Eastern Airlines dalam penerbangan domestik. Mulai dari lokasi, korban jiwa, hingga kronologi kecelakaan.
Ilustrasi Pesawat China Eastern Arlines./Istimewa
Ilustrasi Pesawat China Eastern Arlines./Istimewa

5. Proses Investigasi dan Perintah Xi Jinping

China Eastern Airlines telah menghubungi Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB AS) dan para ahli teknisnya siap membantu dalam penyelidikan CAAC.

Kemudian Senin (21/3/2022), NTSB mengatakan bahwa pihaknya menunjuk seorang penyelidik keamanan udara senior sebagai perwakilan terakreditasi AS untuk penyelidikan yang akan dipimpin oleh CAAC.

“Boeing, produsen mesin CFM, dan Administrasi Penerbangan Federal AS juga akan terlibat dalam penyelidikan,” kata NTSB.

Pengaturan ini merupakan standar untuk insiden penerbangan di negara lain yang melibatkan pesawat Boeing rancangan AS.

Presiden China Xi Jinping menginstruksikan layanan darurat negara itu untuk ‘mengorganisir operasi pencarian dan penyelamatan,’ serta ‘mengidentifikasi penyebab kecelakaan itu.’

“Setelah kecelakaan itu, Presiden Xi Jinping segera membuat instruksi untuk memulai mekanisme darurat, mengatur pencarian dan penyelamatan, dan menangani akibatnya dengan benar,” kata penyiar CCTV negara.

5. Kronologi Kecelakaan

Pesawat kehilangan kontak dengan layanan darurat sebelum “tiba-tiba turun” sekitar 14:19.

“Sebuah pesawat China Eastern (nomor penerbangan MU5735) kehilangan kontak pada pukul 14:15. Tim penyelamat sedang menuju ground zero, dan pekerjaan penyelamatan sedang dilakukan,” kata Departemen Manajemen Darurat Guangxi.

Ketinggian pesawat turun dari 8.869 meter (29.098 kaki) menjadi 1.333,5 meter (4.375 kaki) dalam rentang waktu tiga menit.

Beberapa jam setelah kecelakaan itu, CCTV melaporkan bahwa maskapai tersebut menghentikan semua Boeing 737-800-nya dan pesawat yang sedang mengudara tidak akan membawa penerbangan lagi setelah mendarat.

CCTV juga melaporkan bahwa upaya penyelamatan dapat terhambat oleh cuaca buruk dan aksesibilitas terbatas ke lokasi. Peralatan penyelamat berat tidak dapat mencapai tempat kejadian yang kekurangan listrik karena dikelilingi oleh pegunungan di tiga sisi dan hanya dapat diakses melalui jalan sempit.

Sementara itu, Biro Meteorologi Guangxi memperingatkan bahwa upaya penyelamatan dapat terhambat oleh angin dingin yang datang dan akan mengakibatkan hujan lebat, serta penurunan suhu di Kabupaten Tengxian, tempat lokasi kecelakaan.

6. Pernyataan Saksi Mata

Sebuah wawancara dengan media pemerintah Beijing Youth Daily, seorang saksi mata menggambarkan saat melihat sebuah pesawat jatuh langsung dari langit di depannya sekitar pukul 2 siang.

“Pesawat itu jatuh secara vertikal dari langit. Meskipun saya sangat jauh, [tetapi] saya masih bisa melihat bahwa itu adalah sebuah pesawat. Pesawat itu tidak mengeluarkan asap saat jatuh. Api muncul setelah jatuh ke gunung, diikuti oleh banyak asap,” kata saksi.

Selain itu, dalam wawancara terpisah dengan China News Service, seorang warga dari desa Molang di daerah Tengxian yang dekat dengan lokasi kecelakaan melaporkan bahwa melihat “Sayap dan potongan pesawat, serta potongan pakaian yang tergantung di pohon.”

Video yang di-posting online dan dibagikan oleh outlet media pemerintah People's Daily menunjukkan gumpalan asap mengepul dari daerah pegunungan yang berhutan. Tidak hanya itu, tayangan itu menunjukkan hal yang tampak seperti puing-puing pesawat di jalur pegunungan yang berlumpur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper