Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terry Aibon KKB Papua Bantai 8 Karyawan PTT, 3 Orang di Antaranya Warga Sunda

Tiga dari 8 karyawan PTT yang dibantai KKB Papua pimpinan Terry Aibon di Distrik Beoga Barat adalah warga Sunda.
Humas RSUD Mimika Lucky Mahakena./Antara
Humas RSUD Mimika Lucky Mahakena./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa pengurus Paguyuban Sunda di Kabupaten Mimika  mendatangi kamar jenazah RSUD Mimika pada Minggu (6/3/2022) pagi.

Asep, salah satu tokoh masyarakat Sunda di Mimika, mengatakan terdapat tiga warga Sunda yang menjadi korban pembantaian oleh KKB di Kabupaten Puncak, yaitu atas nama Jamaludin, Bili Galdi Balion dan Ibo. Ketiganya merupakan warga Sunda yang berasal dari Bandung, Subang dan Lebak.

"Kami mendapatkan informasi dari Kodim Mimika bahwa ada tiga warga Sunda berstatus karyawan PTT yang jadi korban, makanya sebagai pengurus Paguyuban Sunda Mimika kami datang ke RSUD Mimika, semoga proses evakuasi para korban berlangsung lancar," ujar Asep.

Delapan karyawan PTT dengan identitas masing-masing yaitu: Bona Simanulang, Renal Tentua Tagasye, Bili Galdi Balion, Jamaludin, Sharil Nurdiansyah, Eko Septiansyah, Bebei Tabuni dan Ibo dipastikan telah meninggal dunia setelah kamp yang mereka tempati didatangi oleh sekitar 10 anggota KKB pada Rabu (2/3/2022) dini hari sekitar pukul 03.00 WIT.

Gerombolan KKB langsung masuk ke kamp dengan membawa alat-alat tajam seperti parang, kapak, bahkan menenteng senjata api lalu membunuh delapan karyawan PTT yang sedang tertidur lelap.

Satu korban selamat atas nama Nelson Sarira sudah berhasil dievakuasi ke Timika pada Sabtu (5/3/2022) siang oleh Tim Operasi Damai Cartenz.

Sesuai rencana awal, evakuasi jenazah delapan karyawan PTT dari lokasi mereka terbunuh di Camp BTS 3 Proyek Palapa Ring Timur Kampung Jenggeran, Distrik Beoga Barat, Kabupaten Puncak ke Timika dilakukan pada Minggu (6/3/2022), namun kegiatan tersebut ditunda lantaran kondisi cuaca yang tidak memungkinkan helikopter dapat menjangkau lokasi yang berada di wilayah ketinggian Papua itu.

"Informasi resmi yang kami terima dari TNI-Polri bahwa evakuasi hari ini tidak jadi dilaksanakan karena terkendala cuaca. Direncanakan akan dilanjutkan esok pagi," kata Humas RSUD Mimika Lucky Mahakena di Timika, Minggu (6/3/2022).

Berbagai persiapan terus dilakukan oleh pihak RSUD Mimika dan pihak TNI-Polri di kamar jenazah rumah sakit itu.

Lucky mengatakan pihak perusahaan PTT telah menyediakan delapan peti jenazah di kamar jenazah RSUD Mimika.

Adapun, untuk melakukan pemulasaraan dan visum jenazah delapan karyawan PTT, sudah disiapkan dua meja di kamar jenazah RSUD Mimika, setiap meja nantinya akan ada enam petugas, termasuk dua tenaga dokter.

Sementara itu, Direktur Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani menyebut, bahwa pelaku penyerangan karyawan PTT yang diperkirakan berjumlah sekitar 10 orang merupakan kelompok yang dipimpin Terry Aibon alias Aibon Kogeya.

Terry Aibon diketahui merupakan anak buah salah satu gembong KKB Nau Waker. Kini, apparat gabungan TNI-Polri tengah memburu Terry Aibon dan anggotanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper