Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UPDATE Perang Rusia vs Ukraina: Kondisi 10 Kota Ukraina yang Diserang Pasukan Rusia

UPDATE Perang Rusia vs Ukraina hari ini, Minggu (6/3/2022). Berikut kondisi Kondisi 10 kota di Ukraina yang diserang pasukan Rusia.
Sebuah bangunan hancur terkena rudal pasukan Ukraina di Kyiv, Ukraina, Jumat (25/2/2022). REUTERS/Umit Bektas
Sebuah bangunan hancur terkena rudal pasukan Ukraina di Kyiv, Ukraina, Jumat (25/2/2022). REUTERS/Umit Bektas

Bisnis.com, JAKARTA - Invasi Rusia ke Ukraina menimbulkan ketegangan di banyak kota di Ukraina. Namun, kondisi saat ini tetap stabil. Berikut kondisi wilayah di Ukraina yang diserang pasukan Rusia

Pihak Ukraina mengklaim telah menumbangkan 88 pesawat dan helikopter milik Rusia selama invasi yang sudah berlangsung selama 11 hari. Ini merupakan kerugian yang cukup besar bagi pasukan Rusia yang dari sisi anggaran dan kekuatan militernya berada jauh di atas pasukan Ukraina.

“Beberapa pilot musuh yang terlempar dan selamat ditemukan oleh tentara Ukraina. Mereka telah menerima perawatan medis dan telah bersaksi tentang kejahatan rezim Putin terhadap kemanusiaan,” demikian klaim pihak Ukraina dikutip, Minggu (6/3/2022).

Dilansir dari laman MilitaryLand.net, pasukan Rusia tidak mendapatkan banyak wilayah baru dan kehilangan beberapa jet serta helikopter.

Berikut kondisi 10 kota di Ukraina yang diserang pasukan Rusia hari ini, Minggu (6/3/2022)

1. Daerah Mykolaiv

Pasukan Rusia mendarat di dekat Voznesensk dan menyerang kota. Setelah pertempuran sengit, pasukan Ukraina mempertahankan kendali atas kota. Setidaknya dua helikopter Rusia jatuh di Wilayah Mykolaiv hari ini.

2. Daerah Tokmak

Pasukan Rusia melakukan tekanan ke arah Orikhiv, melewati Tokmak. Tentara Ukraina menduga mereka akan melancarkan serangan ke Orikhiv hari ini, tetapi tidak terjadi apa-apa. Ada kecurigaan pasukan Rusia justru bergerak ke arah Zaporizhzhia.

3. Daerah Kyiv

Pasukan Rusia menyerang Irpin dari sisi barat dan memasuki kota. Laporan terbaru menunjukkan manuver ini berhasil diatasi. Jet Rusia menghantam Pabrik Lapis Baja Zhytomyr dan menyebabkan kerusakan besar.

4. Daerah Chernhiv

Brigade pertama tank Ukraina dan pasukan lainnya terus bertahan. Tim antiudara Ukraina berhasil menjatuhkan jet Rusia di atas Chernihiv hari ini.

5. Daerah Ichnia

Pasukan Ukraina melaporkan penghancuran konvoi Rusia di dekat Rusaniv lagi.

6. Daerah Sumy

Pasukan Rusia mendirikan pangkalan di Trostianets. Kota Sumy terus dihujani bom, tetapi pasukan Ukraina tetap bertahan.

7. Daerah Izium

Tidak ada perubahan yang dilaporkan dari area ini hari ini.

9. Daerah Luhansk

Pasukan Rusia memasuki kota Bilovodsk hari ini. Tidak ada perlawanan karena kota itu ditinggalkan oleh pasukan Ukraina.

10. Daerah Donetsk

Pasukan Rusia mencapai Kalchynivka dan menyergap konvoi tentara Ukraina dari Nikolske ke Rozivka. Akibat penyergapan itu, setidaknya sepuluh tentara Ukraina tewas. Pasukan Ukraina masih menguasai sebagian kecil Volnovakha dan berhasil menewaskam komandan Batalyon Sparta, batalyon DPR yang terkenal.

11. Mariupol

Kedua belah pihak menyetujui gencatan senjata sementara dan koridor kemanusiaan dari Mariupol dan Volnovakha, tetapi evakuasi tidak terjadi. Pasukan Ukraina dan Palang Merah menuduh pasukan Rusia melanggar gencatan senjata yang disepakati sehingga peperangan tetap berlanjut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper