Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Tahun Pandemi Covid-19, Jokowi: Jangan Buru-Buru Putuskan Status Endemi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar jajarannya tidak tergesa-gesa untuk memutuskan status pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi endemi.
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Hari Ini tepat 2 tahun Pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Namun, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar jajarannya tidak tergesa-gesa untuk memutuskan status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Hal tersebut disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo, di mana Kepala Negara berharap seluruh keputusan dalam penanganan dan perkembangan kondisi Covid-19 didasarkan pada ilmu data dan kalkulasi yang matang.

"Mengenai perubahan status pandemi menjadi endemi, Bapak Presiden menekankan kita tidak perlu tergesa-gesa dan memperhatikan aspek kehati-hatian. [Penyebabnya] presiden tidak mau kita sampai kembali ke situasi pada awal pandemi," kata Abraham dalam keterangan resmi, Rabu (2/3/2022).

Lebih lanjut, Abraham mengatakan, pemerintah akan selalu memonitor secara mendetail perkembangan Covid-19 di Indonesia maupun di negara lain. Bahkan, pemerintah turut melibatkan para pakar dalam mengambil setiap kebijakan terutama dalam penentuan status pandemi sehingga mendapatkan keputusan yang tepat.

"Jika memang data-data ilmiah dan analisa pakar menunjukan kondisi terus membaik, maka relaksasi juga akan makin dibuka," ujarnya.

Sementara itu, Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 tercatat jumlah penambahan kasus infeksi virus Corona, per Selasa, 1 Maret 2022 sebanyak 24.728. Alhasil, secara kumulatif terdapat 5.589.176 kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus positif Covid-19 hingga 1 Maret 2022 bertambah 39.887 orang sehingga menjadi sebanyak 4.901.302 orang, sedangkan jumlah orang yang meninggal hingga 1 Maret 2022 di Indonesia bertambah 325 orang. Dengan demikian, jumlah korban meninggal selama pandemi Covid-19 sebanyak 148.660 orang.

Jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia hingga 1 Maret 2022 mencapai 539.214 kasus, berkurang 15.484 kasus dibanding sehari sebelumnya.

Adapun, penambahan kasus positif Covid-19 pada 1 Maret 2022 ini berkurang dibandingkan hari-hari sebelumnya. Pada 28 Februari 2022, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat penambahan 25.054 kasus infeksi virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper