Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina, Begini Perbandingan Kekuatan Militernya

Perang antara Rusia dan Ukraina yang berlangsung sejak 24 Februari lalu kerap muncul sebagai berita utama dikarenakan banyak yang menilai adanya peperangan yang tidak seimbang di antara negara tetangga ini. Berikut perbandingan militer kedua negara ini
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 28 Februari 2022  |  19:30 WIB
Sebuah pengangkut personel lapis baja Rusia terbakar di tengah kendaraan utilitas ringan yang rusak dan ditinggalkan setelah pertempuran di Kharkiv, Ukraina - Aljazeera/AP
Sebuah pengangkut personel lapis baja Rusia terbakar di tengah kendaraan utilitas ringan yang rusak dan ditinggalkan setelah pertempuran di Kharkiv, Ukraina - Aljazeera/AP

Bisnis.com, JAKARTA - Perang antara Rusia dan Ukraina yang berlangsung sejak 24 Februari lalu kerap muncul sebagai berita utama dikarenakan banyak yang menilai adanya ketidakseimbang di antara negara tetangga ini.

Dilansir dari India Times, peperangan ini pun terjadi dikarenakan Rusia membela gerakan separatis di Ukraina. Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengatakan akan membalas pihak yang mengganggu Rusia dan gerakan separatis Ukraina.

Hal ini pun terjadi ketika ke pemimpin dua kelompok separatis Ukraina meminta bantuan Rusia untuk menghentikan dugaan agresi Ukraina. 

Pihak separatis juga meminta militer Ukraina untuk memberhentikan serangan. Adapun setelah pengumuman Putin adanya ledakan di Kharkiv,  sebuah kota besar Ukraina di selatan perbatasan Rusia.

Melihat peperangan antara kedua negara di Eropa ini, berikut  perkiraan kemampuan militer Rusia dan Ukraina. Rusia dan Ukraina adalah dua negara terbesar di Euroasia, kedua negara ini merupakan bagian dari 15 republik Soviet yang membentuk Uni Soviet. 

Adapun setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Ukraina menjadi negara merdeka dan memberikan jarak dari Rusia. Setelah Revolution of Dignity Ukraina pada tahun 2014, yang menyaksikan proses selama berbulan -bulan untuk menggulingkan Presiden Ukraina pro-Moskow Viktor Yanukovych.

Adanya kekosongan kekuasaan tersebut, Putin pun mengikat Krimea dan mendukung separatis di provinsi tenggara Donetsk dan Luhansk. Ini pun membuktikan bahwa ini bukanlah pertama kali Rusia mendukung gerakan separatis di Ukraina.

Dalam peperangan antara Rusia dan Ukraina pun terlihat adanya kesenjangan, di mana angkatan Bersenjata Rusia adalah salah satu kekuatan militer terbesar di dunia, dengan sekitar satu juta personel tugas aktif, yang merupakan terbesar kelima di dunia, dan setidaknya 2 juta personel cadangan. Rusia menempati peringkat lima besar negara yang menghabiskan sebagian besar PDB mereka untuk militer mereka.

Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), Rusia menghabiskan US$61,7 miliar untuk militernya yang menyumbang 11,4 persen dari pengeluaran pemerintah. Sebagai perbandingan, Ukraina menghabiskan $5,9 miliar untuk militernya yang menyumbang 8,8 persen dari pengeluaran pemerintah.

Dalam perbandingan head-to-head kemampuan militer, Rusia melebihi jumlah Ukraina di hampir setiap aspek. dan jika dilihat dari data Global Fire Power, Rusia merupakan negara paling kuat kedua secara militer, sementara Ukraina berada di peringkat 22 dari 140 negara.

Adapun, terkait dengan personel aktif, Rusia memiliki hampir 850.000 personel aktif dan Ukraina hanya memiliki 250.000. Kekuatan udara Rusia juga lebih kuat dari Ukraina. Rusia memiliki lebih dari 4.100 pesawat, dengan 772 pesawat tempur, sementara Ukraina hanya memiliki 318 pesawat, dengan hanya 69 pesawat tempur.

Sementara itu, dalam hal kekuatan militer darat, Rusia memiliki sekitar 12.500 tank dan Ukraina hanya memiliki sekitar 2.600 tank dan 12.000 kendaraan lapis baja. Sementara Rusia memiliki lebih dari 30.000 kendaraan lapis baja. Dalam hal pesawat tempur, Rusia memiliki 772 jet tempur, sementara Ukraina hanya 69.

Rusia memiliki daya tembak militer lebih dari Ukraina - meliputi darat, udara dan laut. Beberapa analis berpikir serangan Rusia akan mengandalkan persenjataan jarak jauh seperti rudal jelajah untuk menargetkan situs utama Ukraina dari jarak jauh.

Dalam beberapa pekan terakhir, negara-negara NATO telah memasok Ukraina dengan "bantuan mematikan" tambahan, seperti penyediaan 2.000 senjata anti-tank oleh Inggris.

Namun sementara pengiriman ini dirancang untuk membuat invasi Rusia lebih mahal bagi mereka, beberapa ahli percaya senjata ini akan mengubah hasil langsung dari serangan Rusia.

Berikut ini perbandingan kekuatan dan armada militer Rusia dan Ukraina:

Kekuatan MiliterRusiaUkraina
Personel Aktif850.000200.000
Paramiliter250.00050.000
Angkatan laut60538

Kekuatan ArmadaRusiaUkraina
Total Pesawat Udara4.173318
Pesawat Tempur77269
Helikopter1.543112

Kekuatan Armada IIRusiaUkraina
Kendaraan Bersenjata30.12212.303
Tank Tempur12.4202.596
Helikopter Tempur54434
Sumber: Global Firepower
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vladimir putin militer Perang Rusia Ukraina
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top