Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Negara Uni Eropa Utus Pakar Keamanan Siber Bantu Ukraina Hadapi Rusia

Enam negara anggota Uni Eropa mengutus tim pakar keamanan siber ke Ukraina untuk membantu mengatasi ancaman siber setelah Rusia secara resmi mengakui "kemerdekaan" dua wilayah di Ukraina timur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  10:36 WIB
Ilustrasi seorang pria sedang mengetik kode siber. - Reuters/Kacper Pempe
Ilustrasi seorang pria sedang mengetik kode siber. - Reuters/Kacper Pempe

Bisnis.com, JAKARTA - Enam negara anggota Uni Eropa mengutus tim pakar keamanan siber ke Ukraina untuk membantu mengatasi ancaman siber setelah Rusia secara resmi mengakui "kemerdekaan" dua wilayah di Ukraina timur, kata pejabat Lithuania pada Selasa (22/2/2022).

Untuk menanggapi permintaan Ukraina pada Senin (21/2/2022), enam negara Uni Eropa --Lithuania, Belanda, Polandia, Estonia, Rumania dan Kroasia-- akan mengirim tim pakar siber.

Tim tersebut dibentuk untuk membantu negara, lembaga dan mitra Uni Eropa lainnya mengatasi ancaman siber, kata Wakil Menteri Pertahanan Lithuania Margiris Abukevicius.

"Ukraina mungkin membutuhkan bantuan untuk menangani insiden atau dukungan untuk menguji infrastruktur mereka dengan mencari kelemahan keamanan," katanya.

Peretas militer Rusia menjadi dalang di balik sederet serangan denial of service (DDoS) yang secara kilat melumpuhkan laman perbankan dan Pemerintah Ukraina, seperti diungkap Amerika Serikat dan Inggris pada Jumat.

Rusia membantah keterlibatan apa pun dalam serangan DDoS itu, yang menimbulkan gangguan terbatas pada Selasa pekan lalu.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace pada Senin (21/2/2022)mengatakan pakar siber mereka sedang berkoordinasi dengan Ukraina supaya negara tersebut terlindung dari aksi Rusia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni eropa rusia ukraina

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top