Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkominfo: Konsumsi Media Berbasis Seluler Naik 400 Persen

konsumsi media berbasis seluler meningkat drastis hingga mencapai 400 persen.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 08 Februari 2022  |  14:20 WIB
Media Online - Theguardian.com
Media Online - Theguardian.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebut konsumsi media berbasis seluler meningkat drastis.

Hal tersebut diungkapkan Plate dalam Konvensi Nasional Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Selasa (8/2/2022).

Plate memaparkan sepanjang 2011 hingga 2021 konsumsi media berbasis cetak mengalami penurunan hingga 50 persen, kemudian televisi (TV) menurun 24 persen, dan Radio menurun 19 persen.

"Media berbasis dekstop mengalami peningkatan konsumsi 25 persen, sedangkan media berbasis seluler mengalami peningkatan lebih dari 460 persen," papar Plate, Selasa (8/2/2022).

Selain itu, Plate mengatakan pola produksi dan konsumsi di bidang komunikasi, jurnalisme dan media akan bergeser seiring dengan berkembangnya teknologi jaringan 5G, metaverse dan ads computing.

Plate menjabarkan pada tahun 2019 tercatat traffic data bulanan yang digunakan pengguna layanan 5G hanya berkisar sebesar 11,7 gigabyte (GB) per bulan. Sementara itu, lanjut Plate pada 2028 mendatang diproyeksikan traffic data itu akan meningkat 725 persen atau menjadi 84,8GB per bulan.

"Di masa itu pula konten-konten informatif, inovatif, dan kreatif yang berbentuk audio visual baik video berkualitas tiggi, virtual reality, extended reality, dan lainnya akan mendominasi traffic data berbasis 5G," kata Plate.

Menurut dia, kemajuan ini akan mempengaruhi proses bisnis-baik itu pola produksi maupun konsumsi- media konvensional. Dia juga menyebut big data, artificial intelegence, dan metaverse dapat memperkaya data dan analisis bagi produksi dan distribusi industri media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari pers nasional Johnny Plate
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top