Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keren! Begini Penampilan Jokowi dan Para Menteri saat Motoran Bareng di Toba

Penampilan Presiden Jokowi bersama para menterinya menunggangi motor saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra Utara mencuri perhatian publik.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 03 Februari 2022  |  22:23 WIB
Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sumatera Utara pada Rabu, 2 Februari 2022 / Dok. BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sumatera Utara pada Rabu, 2 Februari 2022 / Dok. BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Penampilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para menterinya menunggangi motor saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra Utara mencuri perhatian publik.

Jokowi memiliki menaiki motor custom kesayangannya saat berkeliling di kawasan Toba, Sumut. Tidak hanya didampingi oleh Pasmpamres, Jokowi juga didampingi para menterinya yang juga ikut menunggangi motor.

Jokowi mengendarai Kawasaki W175 ubah suaian (custom) miliknya dari Simpang Sibisa, Kabupaten Toba menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun. Jokowi berpenampilan bak pebalap dengan mengenakan celana panjang dan jaket bertema G20.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut menaiki sepeda motor masing-masing.

Menteri Luhut tampak menunggangi motor trail dan menggunakan jaket rompi, sedangkan Menteri Sandiaga memilih menaiki motor listrik. Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menunggangi motor kesayangannya yaitu motor custom bergaya choopper.

Jokowi mengatakan dirinya sengaja menggunakan sepeda motor karena ingin menghirup udara segar Danau Toba. Di samping itu, dia juga hendak menjajal infrastruktur jalan pendukungnya.

Luhut Kejar Jokowi

Para menteri yang berkendara di belakang Jokowi, mengaku tertinggal karena Jokowi memacu sepeda motornya dengan kecepatan yang cukup tinggi.

"Ngebut tadi (motoran), Pak?" tanya awak media kepada Jokowi, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (2/2/2022).

"Ndak, hanya berapa sih tadi," jawab Jokowi.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat mendampingi Presiden Jokowi dalam Kunjungan Kerja ke Provinsi Sumut, Rabu (2/2/2022) - BPMI Setpres.

Menko Marves Luhut Pandjaitan menimpali pernyataan Jokowi dan mengaku kesulitan mengejar motor Jokowi. "Ngejarnya setengah mati," timpal Luhut.

"Enggak, biasa aja," ujar Jokowi sambil tertawa.

Sambil berkelakar, Sandiaga juga berkomentar bahwa Jokowi menarik tuas gas cukup dalam sehingga laju motornya semakin cepat. "Ngebut, saya ketinggalan," kata Sandiaga yang ada disamping Jokowi.

Motor Jokowi

Sekadar informasi, motor tersebut telah dimodifikasi dan pernah dipakai oleh Presiden Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika pada November 2021. Bahkan, sepeda motor itu juga pernah digunakan di jalan perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Kamis, 19 Desember 2019.

Untuk spesifikasinya, dikutip melalui laman resmi kawasaki, motor ini mempunyai roda lebih besar dari standar yang menegaskan motor tersebut berjenis bobber style dan memiliki lima transmisi.

Motor bergaya klasik ini memiliki tenaga maksimum 7500 rpm dan torsi maksimum 6000 rpm, serta dengan mesin bervolume 177cc dilengkapi sistem bahan bakar menggunakan karburator. Adapun, motor ini memiliki berat 126kg dan kapasitas bensin 14 liter.
Tidak hanya itu, Kawasaki W17 dilengkapi suspensi telescopic fork berukuran 30 mm di bagian depan, dan suspensi tipe swing arm pada bagian belakang.

Di bagian kaki-kaki telah menggunakan pelek berukuran 17 inci, dibalut ban berukuran 80/100-17M/C di bagian depan, dan bagian belakang menggunakan 100/90-17M/C. Untuk harga, motor ini dibanderol mulai Rp32 jutaan.

Beralih ke Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan yang menunggangi sepeda motor trail 150 cc, Honda punya CRF150L.

Dikutip melalui laman PT Astra Honda Motor (AHM), Honda CRF 150L Extreme Black yang ditunggangi Luhut memiliki beberapa fitur unggulan dan mesin tangguh yang dapat digunakan di berbagai kondisi jalan berliku, turing, hingga berkendara di perkotaan.

Adapun, beberapa hal yang menarik pada Honda CRF 150L ini seperti lampu depan dengan konsep compact headlight, membentuk sudut tajam yang memperkuat kesan fearless dalam menaklukan setiap medan.

Di belakang, lampunya berdesain tajam dan compact yang memberikan kesan sporty. Sedangkan digital panel meter juga compact, namun informasinya lengkap, akurat, serta mudah terbaca.

Fitur seperti inverted front suspension di depan dengan diameter besar, ban dual purpose dan pelek ukuran besar, serta wavy disc brake, mendukung kemampuan jelajah optimal dengan nyaman dan mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

Honda CRF 150L ini sudah disematkan mesin 150cc, SOHC, PGM-FI, berpendingin udara yang menghasilkan daya 12,7 Tk pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 12,43 Nm pada 6.500 rpm, serta tenaga yang dimiliki CRF 150L disalurkan melalui transmisi 5-percepatan.

Kendaraan ini juga diklaim konsumsi bahan bakar irit, karena untuk untuk satu liter BBM dengan standar EURO3 bisa mencapai 39,3 km. Pengukurannya juga sudah menggunakan metode pengetesan ECE R40. Adapun, harga dari CRF150L- Extreme Black saat ini mencapai Rp 34.845.000.

Motor Menteri PUPR

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seringkali terlihat menggunakan motor custom miliknya yang bergaya choopper pada sejumlah kesempatan saat mendampingi Presiden Jokowi.

Dilansir dari berbagai sumber, motor costum dominan warna merah milik Basuki itu merupakan hasil kolaborasi antara Elders Garage dan Kick Ass Chopper.

Motor miliknya menggunakan basic dari motor Royal Enfield Bullet 350 berkapastitas 346cc silinder tunggal dengan transmisi 5 percepatan.

Menko PUPR Basuki Hadimuljono saat mendampingi Presiden Jokowi dalam Kunjungan Kerja ke Provinsi Sumut, Rabu (2/2/2022) - BPMI Setpres.

Motor Sandiaga Uno

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terlihat menunggangi sepeda motor listrik, Gesits. Sejarah awal motor listrik ini tercipta karena kerjasama antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pada 2018.

Dikutip melalui laman Gesits, Motor listrik Gesits memiliki desain yang cukup mirip dengan motor Honda Vario 150. Khususnya pada bagian depan, kemiripan lainnya juga terlihat pada desain bodi yang kekar dan garis-garis bodi yang tajam.

Kesan elegan juga tampak pada desain motor listrik Gesits. Hal itu tampak pada warna motor listrik Gesits seperti merah dan hitam yang tidak dibalut dengan grafis sama sekali.

Motor listrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dari daya ini bisa menempuh jarak sejauh 100 kilometer dalam daya baterai penuh. Untuk performanya sendiri bisa mencapai kecepatan maksimal kurang lebih 70 km/jam.

Untuk pengisian daya baterainya, motor listrik Gesits hanya membutuhkan waktu 3-4 jam saja sampai baterai terisi penuh. Pengguna motor listrik Gesits juga bisa melakukan swap baterai di sejumlah SPBU jaringan Pertamina. Adapun, harga motor listrik Gesits terbaru 2021 dibanderol sekitar Rp28,2 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi sepeda motor danau toba sandiaga uno Luhut Pandjaitan basuki hadimuljono
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top