Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga Uno Pilih Naik Motor Listrik saat Temani Jokowi di Toba

Sandiaga Uno memilih menunggangi motor listrik merk Gesits saat menemani Presiden Jokowi daalm kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra Utara pada Rabu, 2 Februari 2022.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 03 Februari 2022  |  21:57 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menunggangi motor saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sumatra Utara, Rabu, 2 Februari 2022 / Instagram Sandiaga Uno
Presiden Jokowi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menunggangi motor saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sumatra Utara, Rabu, 2 Februari 2022 / Instagram Sandiaga Uno

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memilih menunggangi motor listrik merk Gesits saat menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) daalm kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra Utara, Rabu, 2 Februari 2022.

“Saya mendampingi Bapak Presiden Jokowi berkeliling Danau Toba dengan mengendarai motor listrik dari gesits, helm dan jaket yang saya kenakan merupakan produksi UMKM elderscompany. Kami menggeber motor masing-masing dari Simpang Sibisa menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat,” ujarnya, dikutip melalui akun instagram @sandiuno, Kamis (3/2/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan alasan dirinya lebih memilih menggunakan motor listrik saat menemani Jokowi yaitu untuk mendukung kendaraan ramah lingkungan ke depannya.

“Motor Gesits yang saya gunakan ini adalah hasil kolaborasi ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) dan dunia usaha. Akan kami kembangkan sebagai bagian dari sarana-prasarana eco-tourism di destinasi-destinasi wisata sebagai kendaraan ramah lingkungan, untuk mendukung pariwisata yang keberlanjutan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pemerintah akan bergerak cepat memastikan secara langsung infrastruktur di kawasan pariwisata Danau Toba, seperti jalan dan jembatan sudah baik dan layak.

“Kami ingin semua kebijakan yang dihadirkan oleh pemerintah dapat tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu sehingga berdampak pada kebangkitan ekonomi dan lapangan kerja masyarakat,” tutur Sandi.

Motor Gesits

Sekadar infomasi, sejarah awal motor listrik ini tercipta karena kerjasama antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pada 2018.

Dikutip melalui laman Gesits, Motor listrik Gesits memiliki desain yang cukup mirip dengan motor Honda Vario 150. Khususnya pada bagian depan, kemiripan lainnya juga terlihat pada desain bodi yang kekar dan garis-garis bodi yang tajam.

Kesan elegan juga tampak pada desain motor listrik Gesits. Hal itu tampak pada warna motor listrik Gesits seperti merah dan hitam yang tidak dibalut dengan grafis sama sekali.

Motor listrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dari daya ini bisa menempuh jarak sejauh 100 kilometer dalam daya baterai penuh. Untuk performanya sendiri bisa mencapai kecepatan maksimal kurang lebih 70 km/jam.

Untuk pengisian daya baterainya, motor listrik Gesits hanya membutuhkan waktu 3-4 jam saja sampai baterai terisi penuh. Pengguna motor listrik Gesits juga bisa melakukan swap baterai di sejumlah SPBU jaringan Pertamina. Adapun, harga motor listrik Gesits terbaru 2021 dibanderol sekitar Rp28,2 juta.

Jokowi Ngebut

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor custom berwarna hijau miliknya saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sumatra Utara, Rabu, 2 Februari 2022.

Jokowi mengendarai Kawasaki W175 ubah suaian (custom) miliknya dari Simpang Sibisa, Kabupaten Toba menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun.

Tampak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut menaiki sepeda motor masing-masing.

Namun, para menteri yang berkendara di belakang Jokowi, mengaku tertinggal karena Jokowi memacu sepeda motornya dengan kecepatan yang cukup tinggi.

"Ngebut tadi (motoran), Pak?" tanya awak media kepada Jokowi, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (2/2/2022).

"Ndak, hanya berapa sih tadi," jawab Jokowi.

Menko Marves Luhut Pandjaitan menimpali pernyataan Jokowi dan mengaku kesulitan mengejar motor Jokowi. "Ngejarnya setengah mati," timpal Luhut.

"Enggak, biasa aja," ujar Jokowi sambil tertawa.

Sambil berkelakar, Sandiaga juga berkomentar bahwa Jokowi menarik tuas gas cukup dalam sehingga laju motornya semakin cepat. "Ngebut, saya ketinggalan," kata Sandiaga yang ada disamping Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi danau toba sandiaga uno Sepeda Motor Listrik
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top