Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bogor dan Lampung Dilanda Hujan dan Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak

Puluhan rumah di Bogor dan Lampung mengalami kerusakan di bagian atap, yang disebabkan oleh hujan dan angin kencang.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  20:38 WIB
Bogor dan Lampung Dilanda Hujan dan Angin Kencang, Puluhan Rumah Rusak
Papan reklame di Jalan Cihampelas, Bandung, roboh. - Facebook/PRFM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Hujan disertai angin kencang merusak empat unit rumah dan puluhan bangunan lainnya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (24/1/2022).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari merinci lokasi yang terdampak meliputi Desa Kuta di Kecamatan Dolok, Desa Cijujung, Desa Cilebut dan Desa Cimandala di Kecamatan Sukajaya dan Kelurahan Nanggewer serta Kelurahan Pakansari di Kecamatan Cibinong.

“Akibat dari peristiwa tersebut, sebanyak 4 unit rumah rusak sedang, 34 unit lainnya rusak ringan dan ada 2 unit warung yang mengalami rusak sedang. Sebanyak 44 KK/163 jiwa terdampak atas bencana tersebut,” ujar Muhari, dikutip dari keterangan resminya, Selasa (25/1/2022)

Laporan visual yang diterima dari lapangan, beberapa rumah mengalami kerusakan di bagian atap. Beberapa pohon tumbang setelah diterjang angin kencang dan mengenai rumah warga sehingga menyebabkan kerusakan.

Sebagai upaya penanganan darurat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor telah berkoordinasi dengan aparat setempat dan instansi terkait. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten juga telah melakukan asesmen dan membantu proses pembersihan puing serta kerusakan lain yang ditimbulkan oleh fenomena alam tersebut.

Sementara itu, peristiwa angin puting beliung terjadi di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, pada Senin (24/1/2022) pukul 17.00 WIB.

Pusdalops BNPB mencatat, peristiwa itu berdampak kepada 25 KK warga Desa Gerning di Kecamatan Tegineneng. Sebanyak 5 unit rumah dilaporkan rusak berat, 9 unit rusak sedang dan 11 unit rusak ringan.

Data visual yang dilaporkan dari lokasi, beberapa rumah mengalami kerusakan di bagian atap akibat diterjang angin puting beliung.

BPBD Kabupaten Pesawaran telah turun untuk melakukan kaji cepat, koordinasi dan membantu upaya penanganan darurat bersama lintas instansi terkait.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan informasi prakiraan cuaca hingga Kamis (27/1/2022), yang menyatakan bahwa hujan dengan intensitas tinggi yang dapat disertai angin kencang berpotensi di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada siang hingga malam hari. Hal yang sama juga berlaku di wilayah Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Melihat dari adanya prakiraan cuaca dari BMKG, maka BNPB mengimbau kepada seluruh pemangku kebijakan di masing-masing wilayah tersebut agar mengambil upaya mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat.

Beberapa upaya seperti pemangkasan ranting dan cabang pohon yang berada di dekat permukiman warga agar dilakukan, termasuk susur sungai dan tanggul, normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) maupun selokan serta pembersihan lingkungan permukiman secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hujan lampung bogor
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top