Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres Ma’ruf Amin Sebut Pembangunan Ibu Kota Negara di Kaltim Segera Dimulai

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa setelah mendapatkan persetujuan DPR RI, proyek pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) segera dimulai.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  11:20 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengunjungi Kabupaten Pandeglang, Banten, untuk meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi, Kamis (20/1/2022). - Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengunjungi Kabupaten Pandeglang, Banten, untuk meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi, Kamis (20/1/2022). - Setwapres

Bisnis.com, BANTEN - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa setelah mendapatkan persetujuan DPR RI, proyek pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) segera dimulai.

"Sudah disetujui DPR, ya sekarang akan dilaksanakan [pembangunannya] ini. Kan ide pemerintah, maka saya juga bagian daripada itu. Doakan saja segera rampung dan sukses," katanya kepada awak media, Kamis (20/1/2022).

Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, bahwa langkah pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN termasuk ke dalam kerangka pemulihan ekonomi.

Kemudian, program terkait IKN akan masuk sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional atau PEN 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Sri Mulyani dalam konferensi pers usai Rapat Paripurna DPR Ke-13 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021—2022 pada Selasa (18/1/2022). Dalam rapat tersebut terdapat dua pembahasan, salah satunya mengenai pembicaraan tingkat II/pengambilan keputusan atas RUU tentang IKN, yang kemudian ditetapkan menjadi undang-undang (UU).

Sri Mulyani menjelaskan, bahwa 2022—2024 menjadi tahap awal langkah pemindahan IKN ke Penajam Paser, Kalimantan Timur.

Proyek raksasa itu tetap berjalan di tengah pandemi, meskipun Sri Mulyani tahu betul bahwa Covid-19 masih menjadi ancaman dan pemulihan ekonomi masih dalam tahap awal.

"Dua hal ini [penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi] tetap akan jadi utama, tetapi dalam pembangunan IKN dalam momentum awalnya dapat dikategorikan sebagai proses pemulihan ekonomi," ujar Sri Mulyani pada Selasa (18/1/2022).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iknb wapres ma'ruf amin
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top