Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempa Banten, Ma’ruf Amin: Pemerintah Pertimbangkan Opsi Relokasi Permukiman

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengunjungi Kabupaten Pandeglang, Banten, untuk meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  10:58 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengunjungi Kabupaten Pandeglang, Banten, untuk meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi, Kamis (20/1/2022). - Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengunjungi Kabupaten Pandeglang, Banten, untuk meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi, Kamis (20/1/2022). - Setwapres

Bisnis.com, BANTEN - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengunjungi Kabupaten Pandeglang, Banten, untuk meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi, Kamis (20/1/2022).

Wapres mengatakan, bahwa bencana gempa bumi tersebut menyebabkan banyak rumah mengalami kerusakan baik kerusakan ringan maupun berat.

"Sudah diklasifikasi sehingga bisa diberikan bantuannya masing-masing," katanya dalam konferensi pers, Kamis (20/1/2022).

Ma’ruf  juga mengatakan, bahwa saat ini Kementerian Sosial telah membuat tenda-tenda sementara bagi korban terdampak gempa dan menyiapkan bantuan konsumsi.

Lebih lanjut, Ma'ruf menyampaikan bahwa pemerintah tengah mempertimbangkan opsi relokasi permukiman warga yang rawan terdampak gempa.

Terkait relokasi, Ma’ruf mengaku sudah mengkomunikasikannya kepada warga terdampak dan hasilnya warga tidak keberatan karena lokasi yang baru direncanakan tidak terlalu jauh dari lokasi semula.

"Seperti di Lumajang, itu direlokasi ke tempat yang lebih baik," katanya.

Dia memastikan pemerintah terus memantau keadaan lokasi terdampak bencana alam melalui lembaga/kementerian terkait.

Adapun, gempa berkekuatan magnitudo 6,6 SR telah mengguncang wilayah Provinsi Banten dan sekitarnya pada 14 Januari 2021 tepat pukul 16.05 WIB.

Setidaknya, 48 kecamatan dan 166 desa/kelurahan mengalami dampak dengan kondisi terparah di Kecamatan Sumur, Cikeusik, Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

Pascakejadian gempa tersebut, pemerintah lintas sektoral bergegas melakukan berbagai upaya tanggap darurat bencana termasuk rehabilitasi dan rekonstruksi.

Salah satu yang menjadi prioritas ialah perbaikan sarana prasarana (sarpras) pendidikan dan juga sarana ibadah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa wapres ma'ruf amin
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top