Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perketat Karantina Bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri, Luhut: Tak Ada Dispensasi

Menko Marves Luhur Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan pengetatan karantina di Wisma Atlet untuk para pengunjung dari luar negeri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Desember 2021  |  11:02 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani klarifikasi terkait laporannya terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti di Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2021). - Antara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani klarifikasi terkait laporannya terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti di Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2021). - Antara

Bisnis.com, SOLO - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan pengetatan aturan karantina sepulang dari luar negeri.

Ia pun menyinggung soal pemberian dispensasi karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Aturan yang diperketat ini dilakukan karena adanya informasi bahwa ada satu orang pelaku perjalanan luar negeri yang lolos dari karantina di Wisma Atlet beberapa waktu lalu.

"Jadi tak ada permintaan-permintaan dispensasi yang tidak betul-betul alasan kuat," kata Luhut, Senin, (27/12/2021).

Luhut menegaskan bahwa dispensasi karantina hanya dapat diberikan dengan alasan kuat. Misalnya dokter, kesehatan, dan hal-hal yang penting lain. Dispensasi, kata Luhut, juga harus tetap diberikan dengan prosedur yang benar.

Ia menegaskan bahwa seluruh kebijakan yang dibuat pemerintah betul-betul didasarkan dari masukan dari berbagai pakar. Termasuk mengenai diskresi karantina bagi pejabat pelaku perjalanan luar negeri.

Luhut menyebut diskresi semacam ini tak hanya terjadi di Indonesia.

"Itu juga berlaku universal, tak hanya Indonesia. Kenapa? Karena mekanisme bernegara itu harus tetap jalan. Tapi tentu dengan pengawasan yang ketat," kata Luhut.

Ia meminta masyarakat tak membentrokkan atau mengadukan antara pejabat pemerintah dengan rakyat. Luhut menegaskan pemerintah akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

"Saya kira itu tidak arif kalau ada pejabat yang bicara seperti itu. Kita tahu apa yang harus kita lakukan saat ini, dengan pengalaman kita saat ini," kata Luhut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karantina Luhut Pandjaitan WISMA ATLET

Sumber : Tempo

Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top