Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Negara yang Sudah Hapus Hukuman Mati

Berikut adalah negara-negara yang telah menghapuskan hukuman mati:
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Desember 2021  |  04:28 WIB
ilustrasi hukuman mati
ilustrasi hukuman mati

Bisnis.com, JAKARTA - Setidaknya ada 3 negara di dunia yang telah menghapus hukuman mati di negaranya.

Mereka mengikuti Amnesty International, NGO internasional yang bergerak di bidang hak asasi manusia, yang aktif mengampanyekan penghapusan hukuman mati di seluruh dunia.

Amnesty menilai hukuman mati merenggut kesempatan orang untuk hidup dan bebas dari siksaan, yang merupakan komponen dalam hak asasi manusia. 

 Upaya Amnesty International untuk menghapuskan hukuman mati mendapat dukungan dari berbagai pihak. Karena itu, kampanye penghapusan hukuman mati kini kerap mewarnai dinamika politik internasional.

Beberapa negara pun ada yang telah menghapuskan hukuman mati sepenuhnya. Dikutip dari Tempo yang melansir deathpenaltyinfo.org, berikut adalah negara-negara yang telah menghapuskan hukuman mati:

1. Portugal

Portugal merupakan negara pertama di dunia yang berkomitmen untuk menghapuskan hukuman mati di negaranya. Langkah tersebut diambil Portugal pada 1976 dengan cara menghapus hukuman mati sebagai metode penghakiman pelaku kejahatan. Semua jenis kejahatan di Portugal kini telah bebas dari hukuman mati.

2. Brasil 

Brazil menghapuskan hukuman mati pada 1979 bersamaan dengan lima negara lain. Berbeda dengan negara lain pada waktu itu, Brazil hanya menghapuskan hukuman mati untuk kejahatan-kejahatan kecil atau kejahatan umum. Dilansir dari sagepub.com, Brazil masih menerapkan hukuman mati untuk kejahatan besar, seperti genosida, terorisme, dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

3. Australia

Australia memulai komitmennya untuk menghapuskan hukuman mati sedikit terlambat dibanding Portugal dan Brazil, yakni pada 1985. Namun, berbeda dengan Brazil, Australia berkomitmen untuk menghapus hukuman mati bagi semua jenis kejahatan, baik berat maupun ringan.

Bahkan, sebagaimana dilansir dari lawcouncil.asn.au, parlemen Australia kini tidak hanya berfokus untuk menghapuskan hukuman mati di negaranya saja, tetapi juga aktif mendorong upaya penghapusan hukuman mati di seluruh dunia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara hukuman mati

Sumber : Tempo

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top