Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempa NTT, Pemerintah Harus Sigap Tanggap Darurat

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah untuk siaga tanggap darurat menyusul banyaknya bencana alam yang terjadi belakangan ini, termasuk gempa di NTT.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 14 Desember 2021  |  17:02 WIB
Seorang petugas menata barang di gudang logistik Gedung Departemen Sosial, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/12/2021). Logistik tersebut akan didistribusikan ke lokasi bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Timur (NTT). ANTARA FOTO -  Fakhri Hermansyah
Seorang petugas menata barang di gudang logistik Gedung Departemen Sosial, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/12/2021). Logistik tersebut akan didistribusikan ke lokasi bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Timur (NTT). ANTARA FOTO - Fakhri Hermansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah untuk siaga tanggap darurat menyusul banyaknya bencana alam yang terjadi belakangan ini selain meninjau ketersediaan cadangan APBN untuk bencana di berbagai daerah yang rawan.

Pernyataan itu disampaikan Puan terkait gempa yang terjadi pagi tadi di Provinsi nusa Tenggara Timur (NTT) yang dibarengi dibarengi dengan peringatan dini terjadinya tsunami.

Puan menegaskan, pemerintah harus bisa memastikan keselamatan warga dari dampak akibat gempa.

“Keselamatan rakyat harus berada di atas segalanya, "ujar perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR itu.

Puan juga mengingatkan perlunya penanganan khusus bagi balita, anak-anak, dan masyarakat berkebutuhan khusus. Ditambahkannya, pengerahan tenaga medis untuk memberikan pertolongan kepada korban pun harus menjadi perhatian.

Pada bagian lain, Puan mengingatkan ketersediaan cadangan APBN untuk menangani bencana di berbagai daerah. Dengan begitu, menurutnya, penggunaan uang negara dapat lebih efisien.

“Diperlukan mitigasi bencana di setiap Kabupaten/Kota untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan, khususnya terhadap warga,” tambah Puan,

Selain itu, mitigasi bencana juga dinilai dapat menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan. Puan pun mengingatkan pentingnya sosialisasi serta edukasi kebencanaan bagi masyarakat.

“Peningkatan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi bencana dapat mengurangi dampak atau risiko yang akan ditimbulkan sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman,”ujar Puan.

Mengenai gempa  bumi magnitudo 7,4 di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang juga turut dirasakan hingga daerah lain, seperti Sulawesi, Puan meminta pemerintah memprioritaskan operasi penyelamatan warga.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa ketua dpr puan maharani
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top