Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Status Gunung Semeru Hari Ini, Sabtu (11/12) di Level Waspada

Status Gunung Semeru level II atau waspada. Masyarakat diharapkan menjaga jarak dan mewaspadai ancaman lahar.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 11 Desember 2021  |  17:40 WIB
Aktivitas Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur pada Sabtu (11/12/2021). - Antara
Aktivitas Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur pada Sabtu (11/12/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Status Gunung Semeru hari ini, Sabtu (11/12/2021) level II atau waspada. Masyarakat diharapkan menjaga jarak dan mewaspadai ancaman lahar.

Dikutip dari situs https://magma.vsi.esdm.go.id/ berdasarkan laporan per 6 jam pada pukul 06.00-12.00 WIB, cuaca cerah, angin lemah, hingga sedang ke arah utara dan timur laut. Suhu udara sekitar 23-31 derajat Celcius.

“Gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-II. Asap kawah nihil,” tulis laporan yang dikutip Bisnis.

Berdasarkan pengamatan kegempaan, terjadi 4 kali gempa guguran dengan amplitudo 2-5 mm dan lama gempa 30-60 detik. Ini membuat tingkat aktivitas Gunungapi Semeru di level II.

Oleh karena itu, masyarakat, pengunjung, atau wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah/puncak Semeru dan jarak 5 km arah bukaan kawah di sektor tenggara sampai selatan serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Semeru.

Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya. Disarankan, masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi.

Selain itu, perlu diwaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan.

“Mewaspadai ancaman lahar di alur sungai/lembah yg berhulu di G. Semeru mengingat banyaknya material vulkanik yg sudah terbentuk,” terang laporan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung api Gunung Semeru
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top